10 Ide Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Bidang Jasa

Advertisement

10 Ide Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Bidang Jasa – Pada dasarnya bisnis sampingan adalah sebuah bisnis dengan skala kecil. Akan tetapi dari skala kecil tersebut bisa berkembang menjadi bisnis dengan skala besar jika di lakukan dengan sungguh-sungguh. Bisnis yang tadinya cuma iseng atau sekedar mengisi waktu luang saja,kini bisa mendatangkan uang yang sangat banyak. Bagi Anda yang bingung  memilih usaha apa yang akan di jalani, berikut beberapa contoh bisnis usaha sampingan dengan modal kecil

Usaha Bidang Jasa

Usaha bidang jasa ini juga tak membutuhkan modal yang cukup besar. Hanya bermodalkan beberapa juta saja, Anda sudah bisa membuka sebuah bisnis dengan modal kecil. Namun perlu diperhatikan, walaupun bisnis ini dalam skala kecil, namun juga harus mempertimbangkan strategi pasar. Berikut ulasannya :

bisnis rumahan

bisnis rumahan

Laundry Kiloan

Dari waktu ke waktu, bisnis laundry kiloan mengalami banyak perkembangan. Usaha ini juga sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya di daerah yang dekat dengan daerah kampus maupun perkantoran. Banyaknya yang terjun dalam usaha ini membuat persaingan menjadi ketat hingga tarifnya pun juga ikut bersaing. Membuka usaha laundry memang cukup mudah, namun untuk sukses dalam bisnis ini, anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Pangsa Pasar adalah hal utama yang harus Anda perhatikan. Pastikan tempat usaha Anda strategis. Artinya terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta di area sekitar tempat usaha Anda

Berapa modal yang diperlukan untuk membuka usaha laundry kiloan ? Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung (misalnya timbangan, plastik, dan setrika) dan gaji seorang pegawai.

Cuci Motor atau Mobil

Bisnis ini memang tak pernah sepi. Banyak orang rela antri berjam-jam hanya untuk menunggu giliran mencuci motor atau mobil. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha cuci motor atau mobil, modal yang harus Anda keluarkan relatif terjangkau. Untuk pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior. Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, dan upwork.com (dulu bernama odesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

Baca juga:  Ide Memulai Bisnis Tanpa Modal

Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya. Awalnya anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid lah yang akan datang ke rumah anda.

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah untuk transportasi. Jika anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa anda tentukan berdasar pasaran biaya les di lokasi Anda.

Menjahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar dua jutaan saja. Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar Anda. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

Pengetikan

Bisnis ini umumnya paling laku di daerah sekitar kampus. Banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk penulisan tugas kuliah atau juga skripsi. Ide ini cocok dijadikan usaha sampingan karena cukup dengan mengetik, Anda bisa mendatangkan uang. Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya

Baca juga:  Tips Memulai Bisnis Kue Kering Menjelang Hari Raya

Makelar Properti

Aset yang selalu naik harganya adalah properti. Banyak  orang yang memiliki dana lebih menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki, mereka pun butuh beberapa jasa makelar properti yang bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan. Kondisi ini membuka peluang bagi anda untuk bergabung sebagai makelar properti. Coba amati lingkungan sekitar rumah, apakah ada proyek pembangunan rumah dan apartemen baru? Jika iya tawarkan saja diri anda untuk menjadi makelar. Jangan lupa untuk menanyakan sistem komisi dan bonusnya.

Tidak butuh modal biaya untuk usaha ini. Hanya membangun kepercayaan saja yang diperluka. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan anda tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan anda kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.

Pemasaran Properti Online

  • Blog Marketing : Ini yang sering dilakukan oleh para internet marketers saat ini. mereka membuat sebuah website yang dioptimasi dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) supaya mereka mendapatkan pengunjung tertarget. Anda bisa meniru cara ini karena blog marketing merupakan salah satu cara pemasaran properti secara online yang sangat efektif. Hanya saja, Anda harus pandai dalam hal mengoptimasi agar mampu bersaing dengan website lain dalam memperebutkan calon pembeli tertarget.
  • Display Marketing : Jika Anda tidak ingin terlalu repot mengoptimasi website agar berhasil mengalahkan website pesaing, Anda bisa menerapkan cara display marketing. Cara pemasaran online yang satu ini menerapkan konsep berupa meletakkan banner-banner iklan Anda di situs-situs di mana banyak pengunjung tertarget mengunjungi situs tersebut. Anda bisa memasang banner Anda di situs sosial bookmark, situs penerbitan, atau forum. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan budget untuk iklan seperti ini.
  • Email Marketing : Bisa dikatakan ini adalah cara pemasaran online yang konvensional karena cara ini digunakan oleh para internet marketers jauh lebih dulu daripada cara-cara yang lain. Strategi yang satu ini jelas ampuh karena pada dasarnya orang secara suka rela memasukkan alamat email mereka untuk mendapatkan informasi apapun dari Anda, tidak terkecuali penawaran produk properti. Akan tetapi, sebaiknya Anda juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka, tidak hanya penawaran.

Agen Asuransi

Agen asuransi umumnya memang sering dijadikan profesi sampingan. Hal tersebut dikarenakan bisnis ini tidak mengikat, tidak butuh modal, namun memberikan pendapatan secara berkelanjutan selama nasabah terdaftar dalam suatu program asuransi. Tentu ini sangat menarik, ditambah lagi penghasilan yang sangat proporsional. Artinya, jika Anda ingin punya penghasilan yang tinggi, anda juga harus kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar juga.

Baca juga:  Pengertian E-commerce dan Manfaat

Bagi yang ingin berkarir di sini, ada tahapan pengembangan diri lebih lanjut. Tak jarang sebuah usaha sampingan yang sukses bisa berlanjut ke karir yang lebih baik, agen asuransi juga termasuk yang seperti itu. Agen asuransi yang berprestasi biasanya mendapatkan kesempatan berkembang dengan diberikan berbagai macam training maupun kesempatan studi banding ke berbagai tempat di seluruh dunia.

Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Dari tahun ke tahun, bisnis umroh mengalami perkembangan yang begitu pesat. Kita lihat saja, saat ini antrian haji semakin banyak bahkan mereka harus menunggu 17 tahun lebih untuk pergi ke tanah suci. Ini merupakan cerminan peluang bisnis yang menggiurkan. Jumlah jamaah umroh telah mencapai lebih dari 1,6 juta jamaah dalam satu periode umroh. Namun hal tersebut kurang didukung dengan pengelolaan yang profesional.

Anda bisa turut serta mengambil peluang dalam bisnis ini. Tidak butuh modal yang banyak dalam menjalankan bisnis ini. Anda sebagai agen pemasaran umroh dan haji harus sering melakukan pemasaran dengan cara menawarkan paket umroh dan haji dari biro rekanan.Pemasaran umroh dan haji relatif mudah, serta minim risiko dengan keuntungan yang lumayan. Bandingkan dengan membuka biro sendiri yang butuh dana ratusan juta dan penuh dengan risiko. Apabila salah mengelola, risikonya bisa saja bangkrut dan meninggalkan banyak masalah dengan jamaah. Untuk setiap jamaah yang mendaftar ke biro umroh atas referensi anda, maka komisi atas usaha tersebut bisa anda dapatkan, dengan nilai yang berkisar antara Rp500 ribu hingga 1 juta.

Bagaimana caranya untuk menjadi agen pemasaran umroh dan haji? Untuk bisa memasarkan produk umroh dan haji, idealnya anda sudah pernah umroh sehingga lebih mudah menggambarkan paket umroh yang dijual dengan kondisi riil di lapangan. Tetapi tidak perlu khawatir bagi yang belum pernah, karena seluk beluk haji dan umroh bisa Anda pelajari sendiri. Kemudian, sampaikan minat anda untuk menjadi agen pemasaran umroh ke biro umroh yang memiliki reputasi bagus. Jangan terjebak dengan biro yang jamaahnya banyak, utamakan legalitasnya. Intinya, lakukan sedikit riset terlebih dahulu  mengenai biro perjalanan umroh dan haji di mana Anda akan mendaftar.

Apabila sudah memilih biro, segera konfirmasikan niat Anda sebagai agen pemasaran produk umroh dan haji tersebut. Biasanya proses menjadi agen resmi di tanda tangani bersama MOU bagi kedua belah pihak. Kerja sama ini, terjadi kesepakatan antara kita dengan manajemen travel atau perusahaan travel sehingga nantinya akan timbul sebuah hak dan kewajiban antara kedua belah pihak yang berkenaan juga dengan komisi yang Anda peroleh atas penjualan yang di lakukan.

Sumber : Cermati.com

Advertisement

Pencarian:

    desain tempat cuci motor sederhana, bisnis kecil bidang jasa, ide usaha bidang jasa, usaha kecil bidang jasa, usaha sampingan jasa

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • strategi memasarkan produk 2015

    Strategi Pemasaran Produk Baru

    Strategi Pemasaran Produk Baru - Meningkatkan omset penjualan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bagaimana tidak, omset penjualan menjadi hasil terakhir yang harus di capai oleh semua
  • sukses menjadi mompreneur

    Tips Sukses Menjadi Mompreneur

    Tips Sukses Menjadi Mompreneur - Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini memang sangat mempengaruhi peta bisnis dunia. Kaum laki-laki yang dulunya lebih mendominasi dunia bisnis, kini
  • memulai bisnis kue kering

    Tips Memulai Bisnis Kue Kering Menjelang Hari Raya

    Tips Memulai Bisnis Kue Kering Menjelang Hari Raya - Bisnis di industri kuliner memang memiliki potensi yang sangat baik untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat. Hal ini akan terus berkembang
  • bisnis ibu rumah tangga

    7 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

    7 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga - Bagi sebagian orang, mungkin bekerja di rumah hanya sebagai sampingan untuk mengisi waktu dan menyalurkan hobi saja. Hal ini terlihat sepele, namun jangan
  • Hobi Menjadi Bisnis Sukses

    Ingin Hobi Menjadi Bisnis Sukses, Jawab Dulu Pertanyaan Ini

    Ingin Hobi Menjadi Bisnis Sukses, Jawab Dulu Pertanyaan Ini - Sudah tak bisa di pungkiri lagi, menjalankan bisnis yang berawal dari sebuah hobi memang sangat menyenangkan. Selain mudah dikerjakan,

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×