Prosedur Mudah Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Advertisement

Cara Berobat Menggunakan BPJS – Seperti yang telah kita ketahui, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah masalah pengobatan penyakit. Di saat kita akan melakukan klaim BPJS Kesehatan untuk pengobatan, kita akan mendapatkan pengobatan secara gratis karena pengobatan tersebut telah di tanggung oleh pihak BPJS.

Memang ada beberapa jenis pengobatan serta perawatan yang masih membutuhkan biaya tambahan dari penggunanya, namun hal ini tergantung dengan kesesuaian jenis pengobatan yang kita pilih serta kategori BPJS Kesehatan Anda ketika mendaftar. Meskipun begitu, mengingat biaya pengobatan yang semakin mahal dari waktu ke waktu, maka menjadi anggota BPJS Kesehatan akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Apabila Anda sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan, sudah semestinya Anda  memahami segala prosedur atau cara mendapatkan pengobatan gratis dari BPJS Kesehatan. Namun bagi Anda yang belum tahu cara mendapatkannya, maka sebaiknya simak pembahasan berikut ini.

Dalam proses klaim BPJS Kesehatan, seorang anggota BPJS harus melalui beberapa tahapan penting. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan apabila Anda ingin berobat dengan kartu BPJS dan langsung datang ke rumah sakit tanpa mengikuti prosedur yang telah di tentukan oleh pihak BPJS Kesehatan, maka sudah pasti Anda akan di tolak. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti beberapa tahapan tentang Cara Berobat Menggunakan BPJS di bawah ini :

Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

 

alur cara berobat menggunakan bpjs

Alur cara berobat menggunakan bpjs

Alur Contoh Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan

Peserta > Faskes primer/Puskesmas > Surat rujuk > Rumak Sakit

  1. Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

Jika Anda ingin biaya pengobatan Anda bisa sepenuhnya di tanggung oelh pihak BPJS maka Anda wajib memenuhi aturan serta prosedur-prosedur sebagai berikut :

  1. Datang ke Puskesmas Setempat
Baca juga:  Cara Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan JHT Terbaru 2017

Ketika seorang anggota BPJS Kesehatan mengalami sakit dan ia ingin mengklaim haknya, maka anggota tersebut tidak bisa langsung datang ke rumah sakit. Hal pertama yang harus mereka lakukan adalah berobat ke FASKES ( Fasilitas Kesehatan ) 1 terlebih dahulu. FASKES di sini adalah Puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga. Akan tetapi, jika Anda memang sakit dalam keadaan darurat serta membutuhkan penanganan dengan cepat, maka Anda bisa datang langsung ke Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh pihak BPJS Kesehatan. Dalam hal ini, pasien yang di katakan darurat jika ia dalam kondisi sakit parah yang bisa saja menyebabkan kematian maupun cacat.

  1. Pemeriksaan di Puskesmas

Baik itu di puskesmas, klinik maupun dokter keluarga, seorang anggota BPJS Kesehatan yang sedang sakit harus di periksa dan di obati di sana. Dari ketiga tempat tersebut akan di putuskan apakah nantinya Anda akan di rujuk ke rumah sakit atau tidak. Apabila pihak puskesmas, klinik atau dokter keluarga ( FASKES 1 ) tidak sanggup menangani, maka pasien akan di rujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan. Ketika Anda ke Rumah Sakit, Anda juga harus membawa kartu BPJS atau surat rujukan dari FASKES 1, sebagai Cara Berobat Menggunakan BPJS.

  1. Datang ke Rumah Sakit Rujukan

Selanjutnya, setelah Anda sudah memenuhi kelengkapan yang di syarakan, maka Anda bisa langsung datang ke Rumah Sakit yang telah di tentukan oleh BPJS. Namun perlu di ingat, jangan sampai Anda datang terlambat, sebab jika Anda datang terlambat, maka Anda tak akan bisa di layani di hari tersebut dan harus menunggu esok harinya. Beberapa syarat atau Kelengkapan yang Anda butuhkan adalah Kartu BPJS Asli beserta foto copy, Fotocopy KTP dan KK serta Fotocopy Surat Rujukan dari Faskes 1

  1. Keterkaitan Penanganan Pasien BPJS Kesehatan Kategori Darurat dan Tidak
Baca juga:  Pertanyaan Seputar Pencairan Dana Jamsostek BPJS JHT

Di jaman modern saat ini, memang Rumah Sakit di tuntut seprofesional mungkin terutama dalam hal pengelolaan IGD ( Instalasi Gawat Darurat ). Keterbatasan pelayanan serta ruang IGD ini membuat pihak Rumah Sakit harus memilih pasien yang benar-benar membutuhkan bantuan IGD dan mendapatkan pertolongan secepatnya. Oleh kerena itu, pihak Rumah Sakit memang berhak menolak pasien yang tidak termasuk kriteria gawat darurat. Sama halnya dengan hal itu, BPJS Kesehatan juga menganut prinsip yang sama yakni membatasi pesertanya untuk tidak menggunakan layan Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) jika keluhan sakit si pasien memang tidak termasuk dalam ketegori darurat.

  1. Pengecualian Biaya BPJS

Jika Anda sudah menjalani semua prosedur yang telah di tetapkan oleh pihak BPJS Kesehatan, maka Anda akan mendapatkan pengobatan secara gratis di Rumah Sakit. Seluruh biaya Rumah Sakit akan di tanggung oleh BPJS termasuk obat-obatan. Namun, ada beberapa pengecualian terkait biaya BPJS. Pengecualian ini bisa berupa kejadian yang terjadi misalnya adanya obat baru dari Rumah Sakit yang tidak termasuk daftar obat yang di tangguh oleh BPJS.

Selain itu, biaya kelas perawatan yang di tanggung oleh BPJS hanya pada Kelas 1. Jadi apabila pasien atau peserta BPJS Kesehatan yang ingin di rawat di ruang VIP atau VVIP maka tetap ada selisih biaya yang memang harus di tanggung oleh peserta BPJS. Itulah cara Cara Berobat Menggunakan BPJS paling mudah yang bisa Anda coba ketika akan berobat dengan menggunakan kartu BPJS kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua, jangan lupa untuk like dan share artikel ini mungkin saja diantara keluarga atau sahabat Anda membutuhkan informasi ini, terima kasih.

Baca juga:  Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru Online dan Offline 2017
Advertisement

Pencarian:

    prosedur pengobatan bbjs

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×