Cara Jualan Online di Situs Marketplace Sukses, Ini Caranya!

Advertisement

Cara Jualan Online di Situs Marketplace – Saat ini toko online seperti jamur di musim hujan. Semakin ke sini semakin banyak. Anda bisa menemukan berbagai macam barang di toko online. Belanja online di Indonesia juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Orang-orang lebih memilih untuk berbelanja online dibandingkan membeli di toko. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berjualan online, Salah satunya dengan menggunakan marketplace.

Apa itu marketplace dan bagaimana cara kerjanya? Ada banyak marketplace yang popular di Indonesia. Seperti bukalapak, tokopedia, lazada, elevenia, shopee dan masih banyak lainnya. Perlu anda tahu marketplace berbeda dengan situs iklan seperti olx atau website e-commerce seperti blibli. Perbedaanya ini pada cara kerjanya. Oleh karena itu saya akan memberikan cara jualan online di situs marketplace.

Cara Jualan Online di Situs Marketplace Indonesia

Cara Jualan Online di Situs Marketplace

Sumber: www.maxmanroe.com

Lihat Reputasi Marketplace

Sebelum berjualan di marketplace, anda harus memilih marketplace yang tepat terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali marketplace yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu pilihlah marketplace yang memiliki reputasi baik. Anda bisa survey latar belakang marketplace tersebut terlebih dahulu. Lihat bagaimana sejarah berdirinya, testimony dari para pengguna, system kerja yang digunakan dan masih banyak lainnya.

Biasanya hal ini sering dilupakan oleh para pemilik online shop dan mereka hanya memilih marketplace sembarangan. Anda bisa mencari info tersebut di google atau menanyakan langsung kepada customer service marketplacenya. Jika reputasinya bagus, anda bisa memulai untuk menjual produk di marketplace tersebut.

System Transaksi Yang Mudah

Setiap marketplace memiliki system transaksi yang berbeda-beda. Dalam menjalankan bisnis online, transaksi merupakan hal yang sangat penting. Tanpa transaksi anda tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa. Cara jualan online di situs marketplace adalah dengan memilih marketplace yang memiliki transaksi paling mudah dan aman. Tak hanya mudah saja, keamanan transaksi juga sangat penting.

Baca juga:  Cara Menambah Follower Instagram Cepat Paling Efektif

Marketplace seperti perantara anda dengan pembeli. Anda dan calon pembeli pasti ingin uang anda aman dan barang bisa sampai dengan aman, ketika marketplace memiliki system transaksi yang mudah. Pembeli akan lebih senang belanja di marketplace tersebut. Kemudahan system transaksi bisa dilihat dari cara pemesanan, penampilan catalog, pembayaran dan masalah transaksi jual beli lainnya.

Pilih Marketplace Yang Ramai

Biasanya marketplace yang reputasinya baik pasti selalu ramai. Tetapi alangkah baiknya, anda untuk memeriksa marketplace itu terlebih dahulu. Semakin ramai marketplace tersebut akan semakin banyak calon pembeli anda. Lihatlah tampilan pengunjung yang masuk ke marketplace tersebut. Tak hanya melihat pengunjung yang datang tetapi juga komentar dan jumlah respon dari setiap produknya. Jika jumlah pengunjungnya banyak, anda bisa menggunakan marketplace tersebut untuk berjualan. Semakin tinggi calon pembeli, akan semakin besar peluang bisnis anda sukses.

Marketplace Yang Memiliki Fitur Lengkap

Sumber: www.merdeka.com

Pilih Marketplace Yang Memiliki Fitur Lengkap

Cara jualan online di situs marketplace selanjutnya adalah dengan memilih marketplace yang punya fitur lengkap. Setiap marketplace akan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Jadi lihatlah fitur yang mereka tawarkan, Lengkap atau tidak, bisa membantu kelancaran bisnis anda atau tidak.

Anda harus mencermatinya dengan teliti. Jangan sampai semua fitur yang disediakan tidak mendukung penjualan bisnis anda. Jangan hanya memilih banyak fitur, tetapi tidak berguna bagi anda. Lebih baik memilihfitur yang sedikit tetapi semuanya bermanfaat untuk bisnis anda. Akan lebih baik lagi jika banyak fitur dan semuanya bermanfaat untuk mengembangkan bisnis anda.

Pilih Marketplace Yang Memiliki Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan merupakan hal yang sangat penting ketika anda berjualan di marketplace. Bahkan ketika anda berjualan online pada umumnya, layanan pelanggan sangat penting. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Marketplace seperti sebuah penghubung antara penjual dan pembeli.

Baca juga:  Strategi Jitu Cara Jualan Online di Facebook

Jadi ketika ada masalah pembeli akan menghubungi marketplace terlebih dahulu dibandingkan menghubungkan langsung ke penjual. Jadi pilihlah marketplace yang tidak hanya memiliki layanan pelanggan. Tetapi memiliki layanan pelanggan yang berkualitas. Seperti cepat dalam mengatasi masalah, mudah dihubungi dan lain sebagainya. Saat ini ada banyak sekali marketplace yang tidak mempunyai layanan pelanggan yang baik.

Jual Produk Yang Langka Tetapi Banyak Dicari

Ketika anda berjualan di marketplace, anda akan memiliki lebih banyak saingan. Misalnya calon pembeli ingin mencari selimut. Maka catalog marketplace akan memunculkan gambar selimut yang sangat banyak sekali. Oleh karena itu anda harus tahu bagaimana produk anda bisa dipilih oleh pembeli. Salah satu cara jualan online di situs marketplace adalah dengan menjual produk yang langka tetapi banyak dicari.

Anda bisa menjual barang handmade atau makanan khas yang menjadi ciri khas produk anda sendiri. Anda bisa berinovasi dengan produk yang sudah anda. Buat menjadi suatu barang baru yang lebih menarik. Anda pasti ingat dengan keripik maichi. Keripik maichi sebenarnya hanya keripik ketela saja. Tetapi karena dibuat menjadi sesuatu yang baru, produk tersebut laris di pasaran.

Cara Jualan Online di Situs Marketplace Sukses

Sumber: Panduanim.com

Jual Produk Dengan Harga Yang Lebih Murah

Prinsip ekonomi pasti selalu berlaku bagi semua orang. Pembeli pasti akan mencari produk yang sama tetapi harganya yang lebih murah. Banyak orang yang punya prinsip “jika ada yang lebih murah kenapa harus membeli yang mahal”. Oleh karena itu anda harus menjual produk yang lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya. Tetapi ingat anda harus tetap memperhatikan kualitasnya dan jangan sampai harganya terlalu murah.

Banyak pembeli yang ragu membeli jika harganya terlalu murah. Anda bisa menurunkan harga sekitar 5 ribu rupiah per produknya. Jika produk itu berkualitas dan harganya murah mereka pasti akan langsung membeli produk anda, untuk bisa mendapatkan harga yang murah, anda bisa mencari supplier tangan pertama atau produksi barang sendiri.

Baca juga:  Cara Melayani Pembeli Online Dengan Baik, Ikuti Cara Ini!

Tulis Deskripsi Produk Yang Jelas

Cara jualan online di situs marketplace selanjutnya adalah dengan menulis deskripsi produk sedetail mungkin. Pada saat anda berjualan di marketplace, semuanya pengaturan produk anda sendiri yang mengurusnya. Seperti upload foto produk, menulis deskripsi dan lain sebagainya oleh karena itu anda harus mengupload foto produk yang berkualitas dan menarik serta menulis deskripsi sedetail mungkin, Tulisan keterangan produk yang sesuai.

Misalnya anda menjual baju. Tulis bahan yang digunakan. kemiripan dengan foto, warna yang tersedia, jumlah stok dan lain sebagainya. Dengan menulis deskripsi yang jelas akan membuat pembeli semakin yakin membeli produk anda.

Promosikan Produk Anda

Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Marketpalce memang memiliki system promosi tersendiri. Tetapi mereka hanya mempromosi marketplace secara umum. Ada banyak Cara Jualan Online di Situs Marketplace guna menjual produk anda. misalnya dengan share ke media social lainnya yang langsung terhubung ke produk anda, Menulisartikel review produk pada blog atau youtube yang memiliki pengunjung banyak. Program affiliate juga bisa membantu anda untuk mempromosikan produk anda.

Yang jelas anda harus memahami apa itu marketplace terlebih dahulu. Ketahui system kerjanya dan bagaimana prospeknya. Ketika anda memutuskan untuk berjualan di marketplace berarti anda sudah menandatangi kerjasama dengan marketplace tersebut. Ada hak dan kewajiban yang harus anda patuhi. Jadi telitilah sebelum memilih marketplace yang tepat. Itulah beberapa cara jualan online di situs marketplace yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×