Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Asuransi

Advertisement

Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Asuransi – Pada dasarnya asuransi mobil dapat membantu keuangan Anda dengan tepat, asalkan harus sesuai dengan kebutuhan asuransi agar lebih efisien dari dari segi biaya dan manfaat yang akan Anda dapatkan. Jika sering berkendara,sebaiknya ambil paket asuransi mobil All Risk, sebaliknya jika Anda jarang menggunakan kendaraan, asuransi mobil Total Lost Only (TLO) adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah mobil yang Anda asuransikan untuk keperluan pribadi atau operasional kantor. Ini sangat penting, mengingat hal tersebut akan menentukan paket asuransi mobil yang akan Anda pilih.

Salah satu hambatan yang akan Anda temui adalah mengenai keberadaan mobil pengganti saat terjadi klaim. Tidak semua paket asuransi menawarkan mobil pengganti. Semuanya tergantung pada perjanjian yang tertulis pada polis asuransi mobil Anda. Untuk itu, pilihlah asuransi yang menyediakan mobil pengganti jika mobil Anda terjadi hal yang tidak di inginkan. Beberapa hal umum yang perlu Anda ketahui ialah tentang bagaimana perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian mobil, asuaransi kecelakaan diri san penumpang, tanggung jawab hukum pihak ketiga serta keberadaan mobil pengganti, mobil derek, garansi perbaikan dan Ambulance

panduan klaim asuransi 2016

panduan klaim asuransi 2016

Mobil pengganti merupakan fasilitas tambahan dari perusahaan asuransi yang sifatnya tidak terus menerus atau memiliki batas waktu pemakaian. Apabila sudah melewati batas waktu tersebut maka hal ini di anggap sewa. Untuk itu, perhatikan baik-baik polis asuransi mobil Anda. Apakah proses klaim asuransi mobil Anda bisa cepat di tangani oleh bengkel rekanan atau tidak.

Sering kita bertanya, apakah mobil pengganti selalu sama dengan mobil yang di klaim? Pada umumnya, dalam sebuah polis asuransi mobil telah menjelaskan bahwa fasilitas mobil pengganti akan di usahakan setara dengan mobil yang di kalaim ke bengkel. Akan tetapi, tak semua pihak asuransi memenuhi kebutuhaan mobil pengganti di mana biasanya jumlah klaim lebih jauh melebihi mobil pengganti yang tersedia. Proses pengerjaan bengkel pun seringkali memakan waktu beberapa hari. Lantas apa yang harus di lakukan saat terjadi klaim. Apabila Anda ingin klaim segera di tangani, maka selama ada mobil pengganti sebaiknya segera lakukan klaim apapun kondisi dan jenis mobil pengganti yang ada. Namun jika Anda memprioritaskan kenyamanan yang setara dengan mobil Anda dan kondisi mobil yang akan di klaim masih bisa di pakai, maka Anda bisa posisi antri menunggu mobil pengganti yang sejenis tersedia.

Baca juga:  Tips Memilih Asuransi Kerugian Terbaik

Proses klaim asuransi mobil harus mengikuti prosedur yang ada. Tapi seringkali timbul pertanyaan di benak kita, bagaimana dengan mobil pengganti saat kendaraan Anda di servis ? Saat mengajukan klaim ke CS perusahaan, Anda akan mendapatkan nomor/tiket klaim. Nah, nomor tersebut harus Anda simpan dengan baik agar memudahkan Anda dalam proses klaim asuransi mobil. Tanyakan pada bengkel rekanan mengenai estimasi waktu perbaikan mobil agar Anda bisa memprediksi butuh berapa lama menggunakan mobil pengganti agar tidak melebihi batas waktu penggunaan mobil pengganti tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengkonfirmasi kepada pihak asuransi untuk memberikan mobil pengganti jika kendaraan Anda harus menginap di bengkel. Estimasi lama pengerjaan dari bengkel rekanan ini akan menjadi persyaratan mendapatkan kendaraan pengganti. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan pada bengkel rekanan, seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan untuk bengkel tersebut. Catat komponen atau spare part apa saja yang di perbaiki sebagai kelengkapan laporan ke pihak asuransi.

Prosedur dan Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Asuransi

  • Pastikan selalu membawa nomor klaim yang sudah ada. Jangan memasukkan mobil ketika belum muncul nomor klaim . Nomor klaim ini berarti surat perintah kerja dari asuransi yang telah di setujui oleh maskapai asuransi
  • Biasanya perusahaan asuransi mempunyai syarat untuk mendapatkan mobil pengganti adalah minimal 2 hari proses pengerjaan di bengkel.
  • Pastikan pihak bengkel bisa langsung mengerjakan mobil Anda agar cepat selesai. Perlu diketahui biasanya pihak asuransi hanya member tenggang waktu 5 hari kalender untuk membawa mobil pengganti. Di luar masa pakai mobil pengganti, Anda akan dianggap sewa mobil tersebut.

Tak semua maskapai asuransi selalu sanggup memenuhi kebutuhan mobil pengganti dalam waktu bersamaan. Mereka hanya menyiapkan 1 sampai 2 kendaraan untuk setiap jenis mobil.Sementara itu, proses klaim dan pengerjaan bengkel memakan waktu 3 sampai 5 hari. Hal ini tak sebanding dengan jumlah klaim yang masuk setiap harinya. Terpaksa kita juga harus antri dalam mendapatkan mobil pengganti.

Baca juga:  Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia
Advertisement

Pencarian:

    cara mendapatkan mobil gratis, mobil gratis, cara mendapatkan mobil

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×