Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Untuk Usaha

Advertisement

Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Untuk Usaha – Saat ini modal menjadi salah satu faktor penting yang harus dipersiapkan untuk memulai sebuah bisnis. Segala kegiatan ekonomi bisnis atau usaha yang telah direncanakan bisa saja berhenti bilamana Anda tak memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis tersebut

Dalam sebuah bisnis, modal dan perencanaan yang matang harus berjalan dengan seimbang, namun kenyataannya semua rencana tidak bisa di realisasikan karena minimnya modal. Tak mudah memang menjalankan sebuah bisnis dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali, meskipun hal itu bisa saja terjadi pada segelintir orang yang bisa sukses tanpa adanya modal. Bagi Anda yang terkendala masalah modal, berikut kami akan berikan beberapa cara mendapatkan pinjaman tunai untuk usaha Anda

pinjaman dana usaha dari bank

pinjaman dana usaha dari bank

Menjual Barang Pribadi

Inilah cara untuk mendapatkan modal yang paling aman dan tanpa resiko yang nantinya akan menimbulkan hutang dalam keuangan Anda. Ada banyak pilihan menjual barang milik pribadi yang bisa Anda jadikan uang dan sumber modal utama dalam bisnis Anda. Misalnya saja menjual mobil, sepeda motor, perhiasan, barang elektronik dan lain sebagainya.

Pinjam dari Orang Terdekat

Cara yang lain untuk mendapatkan sejumlah dana ialah dengan meminjam uang kepada keluarga atau orang-orang terdekat Anda. Ceritakan kepada mereka tentang rencana bisnis Anda serta berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk memulai bisnis itu.

Jangan sungkan untuk bercerita tentang kesulitan yang Anda rasakan dalam mencari sumber dana untuk modal bisnis. Di sisi lain, Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda untuk bergabung dalam usaha Anda yang sedang Anda jalankan, dengan begitu Anda pun akan mendapatkan ssejumlah dana yang dapat And agunakan sebagai modal bisnis bersama.

Baca juga:  Cara Agar Pengajuan KTA Disetujui

Meminjam Dana dari Kredit Usaha

Sekarang ini hampir setiap bank memiliki layanan kredit usaha mikro dimana kredit ini adalah sebuah produk pinjaman bagi mereka para pelaku usaha kecil. Walaupun banyak bank maupun lembaga keuangan yang memberikan kredit mikro, namun sebagai calon kreditur Anda juga harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai layanan kredit ini.

Hindari mengambil kredit mikro dari bank atau lembaga keuangan dengan jumlah bunga yang tinggi. Hal ini karena tiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam layanan kredit mereka. Sangat penting bagi Anda untuk memahami tentang suku bunga,biaya-biaya yang akan dikenakan, asuransi serta segala macam persyaratan yang harus Anda persiapkan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA merupakan sebuah produk perbankan yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebagai sumber modal bisnis atau usaha yang akan Anda jalankan. Produk kredit ini juga sudah cukup populer dan sering digunakan oleh masyarakat luas. Ini karena proses pengajuan serta persyaratan yang diterapkan oleh bank juga terbilang cukup mudah.

Besaran dana dari pinjaman KTA juga bervariatif, yang mana dalam hal ini ditentukan oleh beberapa hal seperti berapa penghasilan Anda perbulan dan sejauh mana kemampuan Anda membayar angsuran KTA tersebut. Dana yang ditawarkan bisa mencapai 200 juta rupiah. Semua harus disesuaikan dengan berbagai kebijakan bank dalam menentukan limit kredit yang akan Anda dapatkan.

Baca Juga : Pinjaman Tanpa Jaminan 2016 : Pertimbangkan Ini Dulu

Mengajukan Kredit di BPR

Bank Perkreditan Rakyat atau BPR merupakan sebuah lembaga keuangan yang memberikan layanan pinjaman kredit bagi para pelaku usaha yang sedang membutuhkan modal usahanya. Umumnya, syarat serta fasilitas yang ditetapkan oleh BPR akan lebih mudah, namun perlu diketahui bahwa biasanya BPR akan mengenakan suku bunga yang cukup tinggi dalam pinjaman yang diberikan.

Baca juga:  Keunggulan 4 Produk KPR Bank Mandiri

Pinjaman Melalui Lembaga Multifinance

Sebagai alternatif pinjaman yang lain adalah lembaga multifinance. Pengajuan pinjaman pada lembaga multifinance hanya memerlukan persyaratan standar. Pada umumnya, mereka menetapkan persyaratan berupa data diri dan SHM atau BPKB yang nanti akan Anda jadikan sebagai jaminan.

Saat ini sudah banyak lembaga multifinance yang bisa Anda jadikan pilihan untuk meminjam sejumlah dana untuk modal bisnis Anda, namun perlu diingat bahwa suku bunga yang dikenakan lembaga ini umumnya lebih besar daripada suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank atau lembaga keuangan lainnya. Selain itu, jangka waktu yang di tawarkan oleh lembaga multifinance ini juga lebih singkat.

Pinjaman Dana dari Leasing

Pada dasarnya leasing ini memberikan dana yang telah difasilitasi oleh lembaga keuangan yang berbentuk perusahaan pendanaan. Umumnya pinjaman ini akan di berikan dalam bentuk set bergerak seperti kendaraan bermotor dan mobil. Sementara itu untuk leas back, pinjaman yang akan diberikan dalam bentuk uang tunai, yang mana pinjaman ini hanya dapat diproses jika pemohon mengajukan BPKB sebagai jaminannya.

Pinjaman di Perum Pegadaian

Adalah lembaga keuangan milik pemerintah yang juga memberikan pelayanan pinjaman dana tunai kepada pelaku usaha atau masyarakat umum. Suku bunga yang ditetapkan juga cukup ringan dibanding dengan lembaga keuangan lain. Pengajuan pinjaman pada perum pegadaian ini harus disertai dengan pengajuan jaminan dalam berbagai bentuk barang.

Ada beberapa pilihan produk pinjaman dana tunai yang diberikan oleh perum pegadaian seperti Kredit Cepat Aman (KCA), Kredit Angsuran Sistem Fiducial (Kreasi) dan Kredit Angsuran Sistem Gadai (Krasida)

Pinjaman Koperasi

Jika Anda bekerja sebagai karyawan perusahaan yang memiliki sebuah koperasi, Anda akan bisa lebih mudah untuk mengajukan sejumlah pinjaman dana tunai di Koperasi tersebut. Namun biasanya jumlah pinjaman yang akan Anda dapatkan hanya dalam jumlah kecil meskipun syarat yang diberikan cukup mudah.

Baca juga:  Contoh Perhitungan Simulasi KPR

Pinjaman BUMN

Secara umum, dana pinjaman BUMN ini bersifat kemitraan yang berasal dari sejumlah keuntungan perusahaan yang selanjutnya akan disisihkan untuk para pelaku usaha kecil yang sedang membutuhkan modal usaha. Program ini sering disebut Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Anda bisa mengaksesnya melalui lembaga-lembaga seperti PT. Gas Negara, Pertamina, PT Jamsostek dan lain sebagainya.

Pinjaman dari Departemen Pemerintah

Departemen yang menaungi program pinjaman modal usaha ini antara lain Departemen Perindustrian, Departemen Pertanian, Departemen Koperasi. Anda bisa mengajukan proposal usaha atau bisnis yang akan Anda jalankan untuk mendapatkan dana tunai ini. Itulah sedikit informasi mengenai Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Untuk Usaha. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam pengajuan kredit usaha.

Advertisement

Pencarian:

    cara mengelola uang pinjaman bank, cara mengelola uang pinjaman bank untuk usaha, cara mendapatkan pinjaman modal, syarat pinjaman departemen, cara mendapatkan talangan dana untuk usaha, persyaratan mendapatkan dana dari lembaga keuangan, syarat pengajuan pinjaman departemen, syarat pinjaman modal pada pinjaman departemen, syarat syarat pinjaman departement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • pinjaman tanpa agunan 2016

    Pinjaman Tanpa Jaminan Angunan : Pertimbangkan Ini Dulu

    Pinjaman Tanpa Jaminan 2016 - Meminjam uang merupakan salah satu solusi yang paling masuk akal ketika Anda mengalami masalah keuangan yang membutuhkan dana besar dan bersifat mendadak. Sebagai
  • membatalkan pinjaman KTA

    Cara Membatalkan Pengajuan KTA

    Cara Membatalkan Pengajuan KTA - Sekarang ini, hampir semua bank di Indonesia memiliki produk KTA ( Kredit Tanpa Agunan ). Tak heran produk yang sering disebut personal loan ini menjadi salah satu
  • pilihan jenis kredit UKM 2016

    Mengenal Jenis-Jenis Kredit UKM

    Mengenal Jenis-Jenis Kredit UKM - Keberadaan UKM ( Usaha Kecil dan Menengah ) yang mampu menyerap banyak tenaga kerja membuat pemerintah maupun pihak swasta menaruh perhatian lebih terhadapnya. Hal
  • menyelesaikan kredit macet

    Bagaimana Cara Efektif Menyelesaikan Kredit Macet

    Bagaimana Cara Efektif Menyelesaikan Kredit Macet - Seringkali membeli sebuah produk dari sistem kredit ini menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Biasanya barang
  • pinjaman KTA Syariah

    Mengenal Produk Pinjaman KTA Syariah

    Mengenal Produk Pinjaman KTA Syariah - Saat ini permintaan masyarakat terhadap produk KTA ( Kredit Tanpa Agunan ) pun semakin tinggi. Melihat akan hal itu, Bank Syariah atau Lembaga Keuangan Syariah

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×