Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Advertisement

Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil – Pengertian Klaim Asuransi Mobil adalah suatu upaya dari pemegang polis untuk meminta ganti rugi yang di tujukan kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan karena telah terjadi kecelakaan atau pencurian terhadap mobil yang telah di asuransikan. Klaim ini bertujuan memberikan manfaat pada pihak tertanggung sesuai dengan ketentuan polis asuransi. Berikut kami ulas tentang bagaimana prosedur pengajuan klaim asuransi mobil oleh pemegang polis

Saat mobil Anda hilang karena terjadi tindak pencurian atau bahkan Anda mengalami kecelakaan mobil, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah menghubungi pihak perusahaan asuransi dalam waktu 3×24 jam melalui telefon,sms,email atau langsung datang ke kantor perusahaan asuransi. Hal ini sangat perlu dilakukan secepatnya, mengingat sebagai tindakan menghindari penolakan klaim asuransi mobil karena alasan lewat dari jangka waktu yang sudah di tentukan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Mobil Pengganti Asuransi

Ketika mobil tersebut masih bisa jalan, bawalah mobil Anda ke salah satu bengkel yang telah di tunjuk oleh pihak asuransi. Jika kerusakan parah, sebaiknya ambil foto kerusakan mobil tersebut atau Anda bisa mendokumentasikan terlebih dahulu. Dokumentasi atau foto ini nantinya akan menjadi bukti bahwa benar-benar telah terjadi kecelakaan.

form klaim asuransi mobil

form klaim asuransi mobil

Setelah mendapati bukti kecelakaan, pemegang polis harus mengisi formulir yang telah di sediakan oleh perusahaan asuransi. Formulir ini adalah kelengkapan persetujuan klaim asuransi mobil.Kemudian menjelaskan kronologis kejadian yang sebenar-benarnya kepada perusahaan asuransi.Hal ini nantinya akan menjadi pertimbangan dari perusahaan asuransi apakah klaim akan disetujui atau ditolak. Pemegang polis juga di wajibkan melengkapi dokumen-dokumen yang lain. Diantaranya adalah :

Dokumen kecelakaan

  • Formulir klaim yang sudah diisi. Proses klaim baru nantinya akan dilakukan oleh perusahaan asuransi apabila pemegang polis telah mengisi formulir klaim dengan lengkap.
  • Salinan atau fotokopi polis asuransi mobil. Dokumen ini nantinya sebagai bukti bahwa pemegang polis memang benar menjadi nasabah pada sebuah perusahaan asuransi. Selain itu, dokumen ini untuk mengetahui apakah premi telah dibayar atau belum.
  • Salinan atau fotokopi SIM.
  • Salinan atau fotokopi STNK.
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat. Dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan asuransi untuk memberikan ganti rugi atau tidak.
Baca juga:  Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Dokumen tanggung jawab pihak ketiga (apabila ada pihak ketiga)

  • Surat pernyataan tentang tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini dapat dijadikan jaminan bahwa pemegang polis yang telah mengakibatkan kerusakan pada mobil pihak ketiga.
  • Surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi. Umumnya terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang tidak akan mengganti rugi apabila pihak ketiga mempunyai asuransi mobil. Oleh karena itu, dokumen ini menjadi salah satu syarat yang sangat penting.
  • Salinan atau fotokopi SIM/KTP dan STNK.
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat. Surat ini akan menjadi bukti bahwa memang pada waktu dan di tempat tertentu telah terjadi kecelakaan.

Syarat dan ketentuan-ketentuan di atas harus dipenuhi demi kelancaran proses klaim asuransi mobil. Demikian informasi mengenai Cara Mengajukan Klaim Asuransi Mobil yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×