Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Posted on
Advertisement

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Dalam suatu kehidupan, kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari akan menentukan masa depan Anda. Tak terkecuali dengan keuangan. Kebiasaan kita mengelola uang yang tidak baik akan membuat keuangan Anda berantakan.

Kondisi seperti ini akan rutin tiap bulannya jika Anda hanya berdiam diri tanpa adanya perbaikan keuangan . Oleh karena itu, cermati lagi, apa penyebab kondisi keuangan yang masih berantakan ini, bisa jadi kebiasaan Anda berpengaruh terhadap keuangan Anda. Berikut ada beberapa Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang baik. Simak ulasannya :

mengelola uang pribadi
mengelola uang pribadi

Menentukan Tujuan Keuangan

Sebagian orang, lebih suka menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli rumah impian. Hal ini bisa jadi tujuan keuangan Anda. Memiliki tujuan yang pasti tentu saja akan lebih mudah lagi untuk mengatur keuangan pribadi Anda. Hal itu juga akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih keras lagi demi mendapatkan pendapatan yang lebih besar pula.

Membuat Rencana Pengeluaran

Banyak orang menggunakan sebagian gajinya untuk 3 hal yang penting, yaitu makanan, rumah, dan transportasi. Ada juga yang di gunakan untuk membayar hutang, menabung, membeli barang, berlibur dan lain sebagainya. Agar keuangan Anda tidak berantakan,sebaiknya Anda juga harus membuat anggaran tahunan dengan mengalokasi tujuan belanja berdasar pos masing-masing

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Hal ini sering di lupakan dalam setiap pengelolaan uang pribadi. Metode sederhana ini sangat efektif jika di terapkan pada siapa saja. Tujuannya, supaya Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan pengeluaran. Dengan mencatat atau membukukan pengeluaran dan pemasukan, Anda akan bisa melihat detail perputaran keuangan Anda. Jadikan catatan ini sebagai acuan untuk melakukan perubahan serta memperbaiki kebiasaan keuangan yang di rasa kurang baik.

Baca juga:  Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Tahan Diri Terhadap Godaan Tawaran Penjualan

Saat ini banyak sekali toko-toko yang menawarkan promosi barang dengan diskon hadiah hiburan. Hal ini untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.Namun, jika kita tahu trik mereka, akan lebih mudah bagi kita untuk menahan diri dari godaan tawaran tersebut.

Cari Pendapatan Tambahan

Saat sekarang ini, kurangnya keamanan kerja di pasar seringkali bisa membuat siapa saja kehilangan pekerjaannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda juga harus berusaha untuk mencari sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide usaha tentang bagaimana cara mendapatkan uang lebih banyak lagi. Misalnya, Anda bisa mulai dengan bisnis rumahan. Kewirausahaan akan mengambil kendali kehidupan finansial Anda. Bahkan usaha yang relatif kecil ini, bisa saja menghasilkan uang yang berlebih daripada pekerjaan Anda sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil

Investasi

Ada banyak cara untuk melakukan investasi, bisa dengan cara membeli reksadana dan saham, manabung di deposito maupun membeli emas logam mulia. Komponen Investasi tersebut memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan serta risiko, sehingga tergantung daripada profil Anda sebagai investor

Menjaga Finansial Keluarga

Asuransi bisa Anda terapkan sebagai proteksi diri Anda.  Membeli asuransi jiwa dapat berfungsi untuk melindungi keluarga dari kehilangan nafkah atau sumber penghasilan seseorang yang telah menjadi tumpuan keluarga apabila dia meninggal dunia. Selain itu asuransi kesehatan juga bisa di gunakan sebagai perencanaan risiko karena sakit dan pengganti nafkah karena pemberi nafkah tidak bisa bekerja saat sakit.

Jangan Menghindar dari Utang

Memiliki hutang bisa menjadi reputasi yang buruk bagi Anda yang akan menjerumuskan Anda pada kebangkrutan. Akan tetapi kredit juga menghasilkan pengelolaan uang yang baik asalkan sesuai dengan konsep serta tujuan awal keuangan Anda. Kredit juga memungkinkan Anda untuk membeli rumah ataupun mobil. Oleh karena itu, Anda juga harus mengevaluasi hutang tersebut dengan mempertimbangkan dampak yang akan terjadi.

Baca juga:  Cara Sukses Menyusun Strategi Bisnis
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *