Cara Mengatur Keuangan Selama Masa Kredit Mobil

Advertisement

Cara Mengatur Keuangan Selama Masa Kredit Mobil – Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda telah memutuskan untuk mengambil kredit mobil. Angsuran perbulan yang cukup besar serta jangka waktu pelunasan yang sangat panjang membuat kita berpikir dua kali untuk mengajukan kredit mobil tersebut.

Hal ini tentu saja bukan masalah yang besar bagi mereka yang memiliki kemampuan finansial yang stabil dan terencana. Namun bagaimana dengan Anda yang hanya memiliki kemampuan yang tidak begitu besar, inilah yang harus Anda pertimbangkan dengan matang sebagai suatu keputusan untuk mengajukan kredit kepemilikan mobil.

mengatur keuangan ketika kredit

mengatur keuangan ketika kredit

Kredit Mobil Murah

Jika Anda berniat untuk memiliki sebuah mobil, maka tak ada salahnya Anda selalu mempertimbangkan untuk melakukan kredit mobil murah. Ini akan membantu Anda dalam memiliki sebuah mobil murah dengan beban angsuran yang jumlahnya tidak terlalu besar.

Sebenarnya ada dua pilihan mobil murah yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, yakni dengan membeli mobil baru yang harganya tidak terlalu mahal yang masuk dalam kategori mobil di bawah 100 juta dan membeli mobil bekas dengan harga yang tentu lebih murah dari harga mobil baru, Anda juga bisa menyesuaikan anggaran yang Anda miliki dengan jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan.

Baca Juga : Inilah 5 Mobil Murah 2016 Yang Bisa Anda Beli

Walaupun ini termasuk dalam kategori mobil murah, namun tetap saja pembelian mobil tersebut melibatkan sejumlah uang yang cukup besar. Untuk itu, Anda harus selalu mempertimbangkan dengan cermat setiap keputusan yang akan Anda ambil dalam mengajukan pembelian mobil secara kredit

Pertimbangan Kredit

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang ketika melakukan pembayaran cicilan kredit mobil ialah kurang tepatnya perhitungan di awal-awal sebelum pengajuan kredit. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberap poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil.

Baca juga:  Inilah 5 Mobil Murah 2016 Yang Bisa Anda Beli

Jenis dan Tipe Mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis dan tipe mobil sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Ini bisa menjadi tolak ukur dalam perhitungan besaran biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan pembelian mobil secara kredit. Pertimbangkan juga fungsi serta manfaat mobil tersebut bagi Anda. Misalnya, jika Anda sudah berkeluarga, maka sebagai bahan pertimbangan ada baiknya Anda mengambil jenis mobil keluarga.

Bandingkan

Setelah Anda memiliki gambaran mengenai jenis mobil apa yang Anda inginkan, langkah berikutnya adalah mencari informasi harga pasti mobil tersebut. Datangi beberapa showroom mobil terdekat dan melakukan pengecekan harga. Atau kunjungi situs-situs online yang memuat berita otomotif dan iklan penjualan mobil. Lakukan perbandingan antara mobil yang satu dengan yang lain, ini akan membantu Anda dalam mendapatkan penawaran harga mobil yang menarik.

Baca Juga : Pertimbangkan Ini Sebelum Kredit Mobil

Simulasi dan Kemampuan Bayar

Selanjutnya buatlah simulasi kredit mobil dengan melihat seberapa besar biaya yang harus Anda keluarkan. Jika Anda tak ada waktu untuk melakukan hal ini, Anda dapat menanyakan pada Bank atau lembaga pembiayaan terdekat.

Simulasi ini bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan membayar Anda terhadap cicilan mobil yang akan Anda ambil. Tentu saja hal ini akan membantu Anda untuk menghindari penunggakan pembayaran cicilan di hari yang akan datang. Ingat, jangan paksakan diri untuk mengambil mobil di luar kemampuan Anda.

Perkirakan Besarnya Cicilan

Ketika Anda sudah siap mengambil kredit mobil, maka Anda telah dihadapkan dengan sejumlah cicilan utang yang harus Anda bayar di tiap bulan. Utang tersebut juga belum termasuk bunga yang akan dikenakan sejak awal pengajuan di tambah sejumlah biaya-biaya lain. Pastikan Anda selalu disiplin dalam membayar cicilan tiap bulannya. Hindari penunggakan cicilan karena akan menimbulkan masalah baru yang akhirnya  akan ada penyitaan mobil oleh pihak ketiga.

Baca juga:  Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

Cara Mengatur Keuangan Selama Masa Kredit Mobil

Bukan pekerjaan yang mudah jika Anda diharuskan membayar cicilan kredit setiap bulannya. Anda dituntut memiliki komitmen jangka panjang dan disiplin membayar serta memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik. Meskipun Anda sudah merencanakan kredit mobil dengan baik, bukan tidak mungkin sebuah rencana tersebut bisa menjadi berantakan di tengah jalan. Untuk itu, beberapa poin penting di bawah ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan di masa kredit mobil.

Hitung Pengeluaran

Langkah awal yang perlu Anda lakukan ialah menghitung jumlah pengeluaran Anda setiap bulannya. Buatlah daftar pengeluaran Anda dengan tepat, hal ini akan membantu Anda dalam membatasi pengeluaran yang bersifat tidak terlalu penting untuk dilakukan

Jumlah Hutang Maksimal

Jika Anda telah memiliki utang yang harus di tanggung, maka hitunglah jumlah hutang maksimal Anda. Jumlah utang tidak bisa melebihi 30% dari jumlah total gaji atau pendapatan Anda per bulan. Sebab hal ini bisa saja mempengaruhi kondisi keuangan Anda secara menyeluruh.

Tetap Menabung

Walaupun Anda telah memiliki utang yang harus di bayar setiap bulannya, bukan berarti Anda berhenti untuk menabung. Menabung itu penting, ini akan membantu Anda dalam mengatasi segala masalah keuangan yang bisa saja datang kapan pun, yang mana Anda diharuskan mengeluarkan sejumlah biaya tak terduga. Sebaiknya besaran tabungan minimal 10% dari total penghasilan Anda setiap bulannya.

Pisahkan Rekening

Pastikan selalu memisahkan rekening tabungan dan rekening cicilan hutang serta rekening biaya hidup sehari-hari. Untuk rekening utang dan cicilan, Anda bisa terapkan sistem pembayaran secara otomatis melalui Bank. Ini akan menghindarkan Anda dalam kelalaian pembayaran dan biaya keterlambatan pembayaran.

Baca juga:  Cara Mengelola Pinjaman Bank
Advertisement

Pencarian:

    kredit mobil murah cicilan 1 juta, kredit mobil tanpa dp angsuran 1 juta, kredit mobil dp 5 juta angsuran 1 juta, dp mobil 5 juta cicilan 1 juta, kredit mobil cicilan 1 juta per bulan, kredit mobil dp 5 juta, mobil 5 jutaan, kredit mobil paling murah di bank mana, cara mengatur keuang dengan cicilan mobil, cara me

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • pinjaman tanpa agunan 2016

    Pinjaman Tanpa Jaminan Angunan : Pertimbangkan Ini Dulu

    Pinjaman Tanpa Jaminan 2016 - Meminjam uang merupakan salah satu solusi yang paling masuk akal ketika Anda mengalami masalah keuangan yang membutuhkan dana besar dan bersifat mendadak. Sebagai
  • membatalkan pinjaman KTA

    Cara Membatalkan Pengajuan KTA

    Cara Membatalkan Pengajuan KTA - Sekarang ini, hampir semua bank di Indonesia memiliki produk KTA ( Kredit Tanpa Agunan ). Tak heran produk yang sering disebut personal loan ini menjadi salah satu
  • pilihan jenis kredit UKM 2016

    Mengenal Jenis-Jenis Kredit UKM

    Mengenal Jenis-Jenis Kredit UKM - Keberadaan UKM ( Usaha Kecil dan Menengah ) yang mampu menyerap banyak tenaga kerja membuat pemerintah maupun pihak swasta menaruh perhatian lebih terhadapnya. Hal
  • menyelesaikan kredit macet

    Bagaimana Cara Efektif Menyelesaikan Kredit Macet

    Bagaimana Cara Efektif Menyelesaikan Kredit Macet - Seringkali membeli sebuah produk dari sistem kredit ini menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Biasanya barang
  • pinjaman KTA Syariah

    Mengenal Produk Pinjaman KTA Syariah

    Mengenal Produk Pinjaman KTA Syariah - Saat ini permintaan masyarakat terhadap produk KTA ( Kredit Tanpa Agunan ) pun semakin tinggi. Melihat akan hal itu, Bank Syariah atau Lembaga Keuangan Syariah

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×