Cara Mengelola Uang Gaji

Advertisement

Cara Mengelola Uang Gaji – Memang tak mudah untuk mengelola gaji bulanan. Hal ini telah di alami oleh banyak orang. Kebutuhan yang semakin bertambah membuat uang gaji bulanan serasa tak cukup. Tak jarang banyak orang mengalami kesulitan bahkan sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengatur keuangan bulanan dengan bijak. Simak ulasan berikut :

cara mudah mengelola uang gaji

cara mudah mengelola uang gaji

Membuat Anggaran Bulanan

Agar uang gaji bulanan Anda bisa di atur dengan baik, sebaiknya rencanakan anggaran bulanan Anda dengan membuat daftar pengeluaran bulanan. Buatlah menjadi dua bagian, yang pertama buat daftar untuk kebutuhan primer seperti uang makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain-lain. Yang kedua buat daftar untuk kebutuhan tersier seperti anggaran belanja, travelling, hingga anggaran hang out bersama teman atau rekan kerja Anda.

Bayar Tagihan

Membayar tagihan sesegera mungkin merupakan hal yang sangat penting. Tagihan – tagihan seperti cicilan rumah dan motor, listrik, telepon dll akan mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari jika Anda tidak segera membayarnya. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Menabung

Apabila Anda telah terbiasa menyisihkan sedikit uang gaji untuk keperluan tabungan, kali ini Anda bisa mencoba menyisihkan gaji sebelum Anda mempergunakan uang gaji untuk keperluan sehari-hari. Hal ini cukup efektif, menekan pengeluaran-pengeluaran yang di rasa tidak terlalu penting bagi Anda.

Laporan Keuangan Harian

Catat semua pengeluaran harian Anda, kalau perlu simpan struk belanja setiap kali Anda belanja. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran Anda tiap harinya serta kemana saja uang yag Anda gunakan selama ini. Laporan keuangan ini juga dapat membantu Anda menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak penting dan tak harus di beli sehingga bulan depan Anda tak perlu lagi membeli barang yang tak penting tersebut.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Miliki Rekening Bank

Sebaiknya miliki dua atau lebih rekening bank. Satu rekening untuk kebutuhan harian Anda seperti menerima gaji, bayar tagihan dan belanja. Sedangkan rekening yang lain untuk menabung. Ambil berapa persen dari gaji Anda untuk menabung dan buatlah kegiatan menabung ini sebagai suatu kewajiban yang harus Anda lakukan setiap bulannya.

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Jika Anda bisa menggunakan secara cerdas, kartu kredit dapat membantu mengelola keuangan Anda. Sebagai contoh, saat ada promo gunakan kartu kredit Anda untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan. Selain itu Anda juga dapat mengalokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan bulanan. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit Anda ketika menerima tagihan kartu kredit.

Investasi

Jika masih ada sisa dana setelah Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari serta untuk keperluan tabungan, sebaiknya dana tersebut di gunakan untuk investasi seperti asuransi, reksa dana, membeli emas dan lain sebainya. Berbeda dengan menabung yang bisa di ambil kapan saja, investasi ini tidak bisa Anda ambil setiap saat. Cara ini tidak hanya membuat uang Anda diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan Anda di masa depan.

Untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang di buat, sebaiknya lakukan perbandingan antara anggaran dan pengeluaran. Jika pengeluaran Anda lebih besar sementara anggaran yang Anda siapkan tak bisa memenuhi pengeluaran, itu berarti Anda harus merevisi anggaran tersebut. Lihat kembali pengeluaran harian Anda, kebutuhan harian apa yang perlu mengeluarkan dana besar. Demikianlah informasi mengenai Cara Mengelola Uang Gaji Bulanan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×