Cara Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Advertisement

Cara Menghemat Biaya Perawatan Mobil – Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi menggunakan mobil pribadi, tentunya kendaraan yang Anda pakai harus di rawat secara berkala agar performa dan kondisinya tetap prima. Namun, biaya perawatan mobil saat ini memang bisa di bilang tidak sedikit, mulai dari perawatan mesin hingga interior mobil.

Mengingat mobil Anda adalah mesin yang terdiri dari ratusan komponen, demi mendukung mobilitas harian Anda, ada baiknya Anda selalu rajin merawat mobil tersebut. Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara di bawah ini agar dapat menghemat biaya perawatan mobil. Simak ulasan berikut :

cara merawat mobil

cara merawat mobil

Hindari suku cadang palsu

Saat ini sudah banyak beredar suku cadang palsu atau abal-abal yang harganya lebih murah di bandingkan dengan suku cadang asli. Hal ini tentu saja akan mengggoda Anda hingga membuat Anda berpikir bahwa Anda bisa saja menghemat pengeluaran dengan membeli suku cadang palsu.

Namun, perlu Anda ketahui, suku cadang palsu justru akan membuat masalah dan merusak kendaraan mobil di bagian lainnya. Niatnya mencari untung, malah harus keluar uang banyak demi perbaikan mobil yang kembali rusak akibat penggunaan suku cadang palsu tersebut.

Selalu cek angin

Memang terlihat sepele, namun jika tidak Anda lakukan bisa saja mendatangkan masalah besar hingga membuat Anda harus merogoh kantong dalam-dalam. Meskipun ban mobil Anda kempes sedikit, sebaiknya segera cek dan isi angin. Selain bisa membuat mobil lebih banyak bensin karena bekerja ekstra keras, ban mobil Anda juga bisa pecah saat dikendarai di tengah jalan. Jika pecah, sudah pasti Anda harus mengeluarkan uang untuk mengganti ban tersebut.

Baca juga:  Tips Mengelola Uang Receh

Service rutin

Jangan pernah sekali-sekali Anda menunda jadwal service rutin mobil Anda. Memang secara kasat mata menjadi lebih mengeluarkan biaya untuk perawatan mobil. Namun hal ini sangat penting untuk dilakukan demi mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan parah yang bisa saja membuat Anda keluar uang jauh lebih banyak.

Perlu Anda ketahui, service rutin yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek komponen-komponen penting seperti rem, kondisi busi, pendingin mesin, AC, power steering dan lain sebagainya. Daripada menunggu service dua kali dengan alasan berhemat beberapa ratus ribu saja, lalu Anda harus mengeluarkan uang jutaan rupiah karena kerusakan parah di mobil Anda nantinya lebih baik Anda lakukan service rutin.

Rutin ganti oli

Oli sebagai pelumas mesin memang sangat berperan penting dalam perawatan mobil. Tak hanya itu, oli juga dapat menjadi pendingin, pelindung sparepart dari karat serta menutup celah yang ada pada dinding mesin. Untuk itu, ada baiknya Anda selalu rutin dalam mengganti oli setiap 5000 kilometer atau 10.000 kilometer sekali sesuai dengan jenis oli yang sering Anda gunakan pada mobil kesayangan Anda.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×