Cara Merencanakan Anggaran Mudik Lebaran

Advertisement

Cara Merencanakan Anggaran Mudik Lebaran – Bagi sebagian umat muslim di Indonesia, mudik merupakan salah satu tradisi atau kegiatan rutin yang sering dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri khususnya bagi para perantau. Dimana Anda dapat berkumpul dengan keluarga tercinta, saling silaturahmi serta berbagi kebahagiaan dengan orang tua ataupun saudara di hari kemenangan tersebut. Hal ini menjadikan mudik sebagai suatu tradisi yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim.

Mudik antar kota atau bahkan antar provinsi membuat Anda harus benar-benar mempersiapkan anggaran khusus untuk biaya-biaya yang harus Anda keluarkan nantinya seperti biaya transportasi, biaya oleh-oleh hingga biaya-biaya lain untuk kebutuhan selama mudik.

merencanakan mudik lebaran 2016

merencanakan mudik lebaran 2016

Sudah bukan cerita baru lagi, uang Anda bisa saja habis setelah pulang mudik. Hal ini pun sering dialami hampir setiap orang. Padahal sudah mendapatkan THR atau uang tunjangan lainnya, seharusnya ada sejumlah dana tambahan yang bisa dianggarkan untuk keperluan mudik, akan tetapi masih saja uang THR ini belum cukup mencukupi kebutuhan mudik Anda. Alhasil, seusai mudik Anda tidak memiliki sisa uang lagi sampai pada gajian berikutnya. Agar perjalanan mudik Anda nantinya tidak menguras tabungan, tentu Anda harus memiliki perencanaan pengeluaran mudik secara bijak. Berikut kami akan berikan beberapa tips cara merencanakan anggaran mudik lebaran

Merencanakan Anggaran

Agar masalah tersebut tidak terulang lagi, pastikan Anda mulai membuat anggaran khusus untuk mudik. Tentu saja anggaran ini harus terpisah dengan anggaran bulanan rumah tangga. Supaya tidak merecoki antara anggaran satu dengan yang lain, buatlah pembatasan antara keduanya.

Baca Juga : Tips Agar Hemat di Bulan Puasa

Untuk memudahkan Anda merencanakan budget, Anda bisa mencoba menggunakan teknik pos-pos dana. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menyimpan uang Anda lebih dari satu tempat. Simpan uang Anda di beberapa amplop khusus dan tandai amplop tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Anggaran mudik ini terbagai menjadi beberapa hal, antara lain :

Baca juga:  Tips Mengelola Uang Receh

Anggaran transportasi

Anda bisa menganggarkan dana transportasi mulai dari berangkat mudik hingga pulang kembali. Besar kecilnya anggaran tersebut tergantung pada pemilihan transportasi mudik Anda serta berapa jumlah orang yang ikut mudik bersama Anda. Jika Anda menyewa kendaraan tentu saja membuat budget Anda semakin membengkak, sebab di hari-hari tersebut harga sewa kendaraan pasti akan naik

Membeli tiket dari jauh-jauh hari sebaiknya Anda lakukan, lagipula harga tiket kereta api maupun pesawat juga akan cenderung naik di hari-hari menjelang lebaran. Pastikan Anda juga harus menghindari membeli tiket dari calo, sebab harganya pasti bisa naik dua kali lipat.

Anggaran penginapan

Bagi sebagian orang, mudik tidak afdol rasanya bila tidak menginap di rumah orangg tua atau saudara dekat di kampung halaman. Akan tetapi bagaimana jika kondisi rumah itu tidak memungkinkan karena tidak tersedia kamar untuk menginap. Mau tidak mau Anda harus menginap di hotel, losmen atau penginapan lainnya.

Anggaran amal atau hadiah

Anggaran ini bisa berupa barang atau uang tunai yang akan di berikan pada keluarga di sana. Buat daftar siapa saja yang akan Anda beri hadiah beserta anggaran masing-masing orang. Pemberian hadiah juga harus di sesuaikan dengan anggaran Anda bukan sebaliknya. Untuk pemberian hadiah berupa uang tunai bisa Anda taruh di amplop khusus. Pastikan Anda sudah menyiapkan hal ini sebelum Anda berangkat mudik lebaran ke kampung halaman.

Anggaran oleh-oleh

Meskipun anggaran ini tidak wajib, namun biasanya ada suatu keinginan kita untuk membawa oleh-oleh khas kampung halaman yang akan di berikan kepada teman atau tetangga setelah pulang mudik nantinya. Anggaran oleh-oleh ini tidak perlu terlalu besar, pastikan selalu sesuaikan dengan anggaran yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Baca juga:  Cara Sukses Menyusun Strategi Bisnis

Anggaran rekreasi

Jika Anda ingin mudik sekaligus rekreasi, maka Anda bisa menganggarkan biaya khususu untuk rekreasi. Namun Anda perlu berhati-hati, anggaran rekreasi ini bisa saja membengkak, sebab saat bersenang-senang kebanyakan orang lebih cenderung boros. Selalu perhitungkan juga kemungkinan-kemungkinan lain yang membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan ketika rekreasi misalnya mengajak orang tua atau saudara-saudara lain untuk ikut jalan-jalan.

Biaya tak terduga

Pastikan Anda menyediakan sejumlah dana minimal 10% dari total anggaran mudik untuk biaya tak terduga. Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi nantinya ketika perjalanan mudik. Mobil mogok, kereta api atau pesawat di tunda keberangkatannya, biaya rekreasi membengkak bisa saja terjadi pada Anda. Biaya tak terduga ini juga bisa Anda gunakan manakala terjadi suatu hal yang menyebabkan pos-pos anggaran mudik Anda melebihi budget yang telah Anda siapkan sebelumnya.

Baca Juga : Hindari 7 Kesalahan Finansial di Tahun 2016

Tak semua pos-pos anggaran di atas harus ada, apalagi jika Anda hanya memiliki dana pas-pasan. Anda bisa meniadakan pos-pos yang sifatnya tidak wajib seperti pos oleh-oleh dan pos rekreasi. Hal ini juga akan menghemat biaya mudik Anda. Demikianlah informasi cara merencanakan anggaran mudik lebaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×