Cara Sukses Menyusun Strategi Bisnis

Advertisement

Cara Sukses Menyusun Strategi Bisnis – Bagi seorang pengusaha, perencanaan bisnis merupakan sebuah peta untuk menuju kesuksesan. Guna mencapai kesuksesan bisnis Anda harus memiliki konsep atau rencana serta strategi bisnis yang matang. Rencana bisnis tersebut harus di buat dengan baik sehingga akan berpotensi meningkatkan keberhasilan usaha Anda.

Sebuah perusahaan yang melakukan rencana bisnis dengan baik akan jauh lebih cepat mencapai kesuksesan di banding perusahaan yang tidak memiliki atau melakukan perencanaan. Lantas apa itu rencana bisnis? Bagaimana cara membuat rencana bisnis yang baik? Lalu apa yang harus saya persiapkan untuk rencana bisnis?

contoh cara menyusun strategi bisnis

contoh cara menyusun strategi bisnis

Perencanaan bisnis merupakan sebuah konsep pengembangan tertulis yang berisi seluruh rincian atau gambaran bisnis mulai dari rencana keuangan, tata kelola, pengembangan, strategi pemasaran hingga target pencapaian bisnis itu sendiri. Dari konsep itulah sebuah bisnis bisa menentukan arah serta tujuan perusahaan baik itu untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Agar bisnis Anda bisa berjalan lancar, Anda harus memiliki fondasi yang kuat, berikut beberapa tips cara sukses menyusun strategi bisnis.

Deskripsi Usaha

Sebelum Anda melangkah, mulailah menemukan deskripsi usaha yang jelas dan mudah di pahami oleh banyak orang. Deskripsi usaha ini mencakup penjelasan bentuk usaha yang Anda kelola serta produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, deskripsi ini juga menguraikan gambaran harga produk atau jasa, biaya operasional, target bisni hingga sistem kerja yang berlaku pada usaha yang Anda kelola.

Anda bisa mulai dari penyusunan visi dan misi perusahaan serta rencana strategis perusahaan tersebut. Susun juga tujuan yang ingin Anda capai hingga strategi pencapaiannya. Deskripsikan juga target pasar, keunggulan produk, lokasi bisnis, konsep manajemen perusahaan, bentuk usaha, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Analisa Kompetitor

Setelah Anda selesai menyusun deskripsi usaha Anda, lakukan analisa sederhana tentang persaingan bisnis yang Anda kelola. Anda bisa melakukan pengamatan dan analisa sederhana untuk menciptakan strategi bisnis yang jitu dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda.

Buat catatan kecil mengenai analisa kompetitor bisnis Anda. Amati segala kekuatan dan kelemahan mereka, kemudian lakukan analisa apa saja yang bisa Anda pelajari untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Strategi Pemasaran Yang Tepat

Dalam setiap bisnis, strategi pemasaran menjadi point penting dalam menentukan keberhasilan bisnis. Strategi ini mencerminkan seberapa besar potensi bisnis Anda untuk bisa sukses memasarkannya. Rencanakan strategi pemasaran yang lengkap mulai dari promosi produk, target produk, biaya promosi, tempat dan waktu promosi, hingga media untuk promosi. Selalu terapkan 4 P (Product, Price, Place, Promotion) dalam menjalani strategi pemasaran Anda.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Baru

Sedikit tips untuk Anda, dalam membuat rencana pemasaran pastikan Anda telah menyusun penjelasan pangsa pasar yang Anda pilih, bagaimana cara pemasaran produk Anda yang telah di sesuaikan dengan target pasar serta rencana biaya atau anggaran lain yang meliputi biaya promosi, penjualan, harga distribusi dan lain sebagainya.

Membuat Laporan Keuangan

Dalam mengelola bisnis, keuangan menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat pembukuan keuangan bisnis Anda dengan rapi. Pastikan selalu membedakan antara modal usaha dan keuangan pribadi.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil

Pengelolaan keuangan yang baik bisa mengantar bisnis Anda menuju kesuksesan. Pelajari segala macam cara pengelolaan keuangan mulai dari rencana anggaran belanja  hingga laporan keuangan yang teratur.Caranya buat laporan keuangan bisnis Anda yang menjelaskan laporan arus kas keuangan tahun ini, harapan laba bisnis, kebutuhan modal, biaya operasional dan biaya-biaya tambahan lain jika ada.

Baca juga:  5 Tips dan Tanda Keuangan Yang Sehat

Selalu Menjaga Kualitas Produk atau Jasa

Dalam melakukan bisnis, Anda harus selalu mengedepankan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Hal ini agar bisnis yang Anda kelola bisa cepat berkembang serta memiliki potensi meraup keuntungan yang lebih besar.

Setiap usaha membutuhkan kerja keras untuk bisa meraih apa yang Anda inginkan. Hadapi tantangan atau rintangan usaha Anda termasuk melakukan analisa resiko yang mungkin akan Anda hadapi kedepannya. Demikianlah sedikit informasi mengenai cara sukses menyusun strategi bisnis. Semoga bermanfaat

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×