Hindari 7 Kesalahan Finansial di Tahun 2016

Advertisement

Hindari 7 Kesalahan Finansial di Tahun 2016 – Mungkin di tahun ini Anda sudah mempersiapkan resolusi keuangan yang akan menjadi target Anda di tahun 2016. Tentu ada banyak keinginan dan kebutuhan yang masuk kedalam daftar resolusi tersebut, seperti mempunyai tabungan, membeli rumah atau kendaraan dan masih banyak lagi keinginan lainnya.

Namun jangan sampai menunggu terlalu lama untuk merencanakan keuangan Anda tersebut. Makin lama Anda rencanakan, makin dekat pula pada penghujung tahun berikutnya, dan akhirnya semua itu hanya wacana saja tanpa menjalankannya. Berikut kami akan berikan deretan kesalahan finansial yang akan menghambat kesuksesan Anda :

kesalahan finansial di tahun 2016

kesalahan finansial di tahun 2016

Tidak menetapkan aturan

Dalam menyusun resolusi keuangan di tahun 2016 ini, tentu ada banyak tujuan yang ingin Anda capai. Agar semua keinginan Anda bisa terwujud, pastikan Anda selalu mengatur pendapatan dan pengeluaran Anda selama ini. Meskipun tujuan ini sebagai bentuk kedisiplinan finansial Anda sendiri, namun Anda wajib mempunyai aturan dalam setiap langkah yang Anda lakukan. Sebagai contoh, tetapkan aturan untuk menyisihkan sekian persen dari pendapatan atau gaji Anda untuk menabung.

Baca Juga : Tips Resolusi Keuangan di Tahun 2016
Menunda dana pensiun

Mungkin bagi Anda yang baru bekerja belum memikirkan hal ini bahkan ada yang berpikir, pensiun itu masih sangat jauh. Namun, jika Anda mempersiapkan dana pensiun dari sekarang, pasti akan terasa perbedaan secara signifikan dibanding Anda yang tidak mempersiapkan sama sekali.

Investasi terlalu banyak

Memang mempunyai rencana untuk masa depan itu sangat baik, terutama dalam hal investasi. Namun, apa jadinya jika Anda harus berinvestasi dalam jumlah yang besar tanpa memperhitungkan dengan matang resiko dari investasi tersebut. Tentu saja hal ini akan mengganggu kondisi finansial keluarga Anda, terlebih lagi jika Anda rela mengorbankan biaya keperluan sehari-hari untuk investasi semata. Untuk itu, cobalah membuat anggaran untuk setiap aspek kehidupan finansial Anda terutama dalam investasi

Baca juga:  Cara Mengelola Uang Gaji

Tidak Menyiapkan dana darurat

Terkadang kita lupa akan hal ini, padahal dalam keadaan yang genting dana darurat sangat dibutuhkan. Misalnya, ketika Anda jatuh sakit dan membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit sehingga membutuhkan dana yang cukup besar. Dalam hal ini asuransi kesehatan bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Oleh karena itu, Cobalah untuk mengikuti asuransi kesehatan atau asuransi lain yang memiliki manfaat untuk Anda. Sisihkan sebagian uang Anda untuk berasuransi daripada harus menanggung resiko yang besar di masa depan.

Bingung untuk berinvestasi

Beda dengan point di atas yang berinvestasi dalam jumlah yang besar tanpa hitungan. Dalam point ini justru Anda ragu untuk memulai sebuah investasi meskipun modal Anda sudah mencukupi dan memiliki banyak kesempatan untuk berinvestasi.

Menghabiskan Gaji

Hal inilah yang sering di lakukan oleh banyak orang. Kebiasaan menghabiskan seluruh uang gaji untuk keperluan yang tidak begitu penting tentu akan menghambat kesuksesan Anda di masa depan. Setidaknya Anda wajib menabung sekitar 10% sampai 20% dari pendapatan Anda sebulan.

Baca Juga : Cara Mengatur Gaji Bulanan Untuk Masa Depan

Lebih besar pasak daripada tiang

Gaya hidup yang glamor serta tren “ikut-ikutan” membuat  banyak orang semakin terperosok dalam lubang yang paling dalam. Bahkan dalam menjalani kehidupan ini pun, mereka harus gali lubang tutup lubang. Hal ini memang masih banyak dialami oleh mayoritas masyarakat di Indonesia.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×