Jenis-Jenis Polis Asuransi Kebakaran

Advertisement

Jenis-Jenis Polis Asuransi Kebakaran – Mungkin saja Anda sudah ada yang tahu mengenai berbagai produk asuransi, terutama asuransi kebakaran yang akan melindungi rumah tempat tinggal Anda. Di awal, Anda juga sering mendengar tentang polis asuransi, namun apakah Anda tahu apa itu polis asuransi?

Polis asuransi merupakan sebuah dokumen asuransi yang berisi kesepakatan antara pihak tertanggung atau nasabah dengan pihak penanggung dalam hal ini adalah pihak suransi. Polis asuransi adalah kontrak perjanjian dimana pihak asuransi akan menanggung sejumlah kerugian dimasa yang akan datang yang mungkin saja akan terjadi kepada nasabah asuransi.

Asuransi kebakaran merupakan suatu pertanggungan yang telah menjamin kerugian atau kerusakan atas harta benda baik itu harta tetap maupun harta bergerak yang timbul akibat dari kebakaran dan disebabkan karena api sendiri atau api dari luar atau bahkan karena kesalahan atau perbuatan yang disengaja atau tidak disengaja. Ada beberapa jenis-jenis polis asuransi kebakaran yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasannya :

jenis polis asuransi kebakaran

jenis polis asuransi kebakaran

Polis dasar kebakaran

Polis ini menjamin segala resiko-resiko pokok seperti kebakaran, peledakan, dan lain sebagainya dengan melihat resiko yang di tanggung. Menurut obyek pertanggungan, polis dasar dibagi kedalam polis kebakaran industri dan polis kebakaran non-industri.

1. Polis kebakaran industri

Polis kebakaran industri menanggung semua kerugian atau kerusakan yang telah disebabkan oleh resiko-resiko pokok atas bangunan-bangunan industri baik itu perlengkapan industri, bahan baku maupun bahan-bahan pembantu lainnya.Semua resiko ditanggung kedalam Machinery Breakdown Insurance atau asuransi kerugian/kerusakan mesin-mesin yang ditimbulkan akibat peristiwa yang tak terduga selama masa pertanggungan adalah :

  • Benturan keras, kejatuhan atau kemasukan benda ke mesin baik disengaja atau tidak
  • Kelalaian manusia,kurang berhati-hati,kekurangan tenaga ahli
  • Arus pendek listrik atau korsleting
  • Peledakan fisik, berbeda dengan peledakan asuransi kebakaran
  • Perancangan yang salah ketika memasang
  • Perbuatan kriminalitas yang dilakukan oleh orang lain
Baca juga:  Cara Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan

2. Polis kebakaran non-industri

Polis kebakaran non-industri akan menanggung segala kerusakan yang disebabkan oleh resiko-resiko pokok atas berbagai kepentingan seperti kerusakan harta tetap atau harta-harta yang tidak bisa berpindah dan kerusakan harta bergerak atau harta yang bisa dipindahkan.

Polis perhitungan kembali

Polis ini adalah sebuah deklarasi mengenai pemanfaatan penanggungan resiko perkebunan, gudang, pabrik, toko, mall dan lain sebagainya dimana nilai obyek pertanggungan ini selalu berubah terhadap resiko yang di tanggung. Menurut ketentuannya, premi harus dibayarkan terlebih dahulu sebagai DP atau uang muka, umumnya 75 persen dari premi satu tahun yang telah diperkirakan. Selanjutnya, pada bulan berikutnya tertanggung memberitahukan secara tertulis pada penanggung atas besarnya resiko yang di tanggung, paling lambat 30 hari setelah berakhirnya bulan terkait.

Polis mengambang

Polis ini menutup jumlah pertanggungan dari obyek yang berada di dalam lebih dari satu bangunan. Sebagai contoh barang-barang yang di tanggung berada di dalam lebih dari 1 gudang yang berada di dalam 1 kota. Polis ini juga tidak digunakan untuk menanggung resiko yang tersebar atau berada dalam lebih dari 1 kota. Akan tetapi, jika ada tambahan premi yang dibayarkan, dapat dipakai untuk menanggung resiko yang tersebar.

Polis penilaian

Polis ini adalah polis dengan harga pertanggungan yang telah ditentukan berdasarkan dari penilaian yang disetujui oleh pihak penanggung dan tertanggung. Nilainya berpatokan pada harga jual atau harga pasar obyek pertanggungan tersebut.

Polis tanpa nilai

Polis ini merupakan polis dengan harga pertanggungan yang telah ditentukan berdasarkan dari harga pembelian atau biaya pembangunan dikurangi dengan penyusutan bangunan yang sewajarnya

Polis pemulihan nilai

Polis pemulihan nilai akan menanggung bangunan atau gedung beserta seluruh isinya. Isi yang dimaksud adalah segala peralatan dan perlengkapan gedung atau bangunan tersebut.

Baca juga:  Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017
Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×