Ketahui 6 Kesalahan Dalam Investasi

Advertisement

Ketahui 6 Kesalahan Dalam Investasi – Investasi merupakan salah satu upaya meningkatkan tabungan dengan menempatkan dana pada suatu usaha atau surat berharga dengan harapan mendapatkan keuntungan yang melimpah. Para investor selalu meluangkan waktu untuk melihat tumbuhnya investasi serta memprediksi adanya penurunan investasi. Namun sebelum Anda berinvestasi, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :

kesalahan investasi

kesalahan investasi

Kesalahan Umum Dalam Berinvestasi

Terlalu berani mengambil risiko

Seringkali tawaran investasi yang menggiurkan membuat Anda berharap keuntungan yang lebih besar yang bisa di manfaatkan untuk membeli kendaraan ataupun rumah baru. Tak jarang banyak orang berani mengambil resiko untuk berinvestasi. Sebelum berinvestasi, sebaiknya pahami dulu risiko investasi Anda, apakah investasi itu wajar, aman atau menguntungkan. Carilah informasi tentang manager investasi tersebut.Jangan melakukan investasi lebih dari yang Anda siap untuk lepaskan.

Terlalu takut

Jangan terlalu takut untuk memulai investasi. Banyak produk-produk investasi yang telah teruji, aman, menguntungkan dan memiliki rekam jejak yang baik seperti reksa dana, deposito dan obligasi pemerintah. Bersikap waspada bukan berarti Anda takut mengambil risiko.

Tidak tahu tujuan investasi

Sebelum berinvestasi, sebaiknya ketahui dulu apa tujuan investasi Anda. Jika Anda tak tahu tujuan investai, ini menandakan Anda tidak serius dalam berinvestasi. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan atau menambah pendapatan saja sehingga investasi dibiarkan tanpa adanya pengawasan. Tetapkan tujuan investasi Anda, misalnya Anda berinvestasi untuk dana pendidikan anak, investasi untuk membeli kendaraan, investasi pensiun dini dan lain sebagainya. Jika sudah menetapkan tujuan, tentukan berapa jangka waktu investasi Anda, apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Kemudian tentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, berapa nilai uang yang harus disisihkan setiap bulan dan perlindungan apa yang harus dibuat agar investasi Anda aman.

Baca juga:  Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

Harapan yang berlebihan

Dalam berinvestasi tentunya memiliki beberapa risiko yang harus di hadapi. Tak mungkin investasi dengan hasil tinggi namun memiliki risiko yang kecil. Semakin tinggi hasil yang akan di dapat nantinya semakin tinggi pula risikonya. Saat ini banyak sekali penipuan yang berkedok investasi yang menawarkan bunga tinggi. Untuk itu pahami dan kenali dulu investasi Anda. Berikut beberapa tips menghindari investasi bodong.

  • Berpikirlah dua kali saat Anda di tawari investasi dari seseorang semisal investasi tanpa risiko dengan keuntungan yang lebih besar
  • Sebaiknya,berhati-hatilah jika ada yang menjanjikan investasi dengan return yang sangat tinggi yakni return diatas 2% sampai 5% sebulan. Investasi tidak dapat memberikan keuntungan yang pasti kecuali dalam bentuk tabungan atau deposito.
  • Periksa apakah perusahaan yang menawarkan investasi memiliki latar belakang yang baik atau tidak. Di Indonesia izin penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi harus dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti).

Tidak mendiversifikasi

Beberapa pakar investasi menyarankan untuk melakukan diversifikasi ketika berinvestasi. Artinya kita di harapkan menyebar investasi pada beberapa tempat. Hal ini untuk mengindari kerugian pada investasi tersebut. Jadi jangan hanya melakukan satu investasi saja. Misalnya tak hanya berinvestasi di obligasi pemerintah saja, namun investasi juga di properti, emas, dll. Keuntungan dari investasi yang satu dapat menutupi kerugian dari investasi lainnya.

Dana bulanan

Seringkali beberapa orang menggunakan dana pengeluaran rutin bulanan untuk melakukan investasi. Hal ini tentu salah, sebaiknya berinvestasi memakai uang lebih saja atau menggunakan uang sisa setelah di pakai untuk pengeluaran rutin bulanan. Dengan begitu jika terjadi kerugian dalam investasi tidak akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda.

Baca juga:  Tips Memilih Asuransi Mobil

Banyak para investor terlalu mempercayakan investasinya pada broker tanpa adanya pengawasan dari Anda. Sebaiknya Anda juga harus mempelajari cara kerja investasi, dengan demikian suatu saat Anda bisa menilai kinerja broker Anda. Demikianlah informasi mengenai Ketahui 6 Kesalahan Dalam Investasi. Semoga bermanfaat

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×