Macam – Macam Asuransi Jiwa

Advertisement

Macam – Macam Asuransi Jiwa – Setiap orang pasti tak lepas dari yang namanya musibah. Saat ini Anda sehat dan bugar, namun bisa saja besok Anda mengalami sakit. Untuk itu, Anda membutuhkan asuransi sebagai proteksi diri dari gangguan yang akan menimpa Anda. Ibarat payung yang akan melindungi Anda dari panas maupun hujan, Asuransi juga memberikan perlindungan terhadap diri Anda. Asuransi akan di butuhkan saat ada gangguan, namun tak akan Anda perhatikan ketika kondisi aman.

Di Indonesia, salah satu asuransi yang populer adalah asuransi jiwa karena memberikan banyak keuntungan bagi nasabahnya dari segi ekonomi maupun psikologi. Asuransi jiwa tak hanya melindungi individu saja melainkan bisa melindungi individu dan keluarga Anda dari sebuah kerugian financial yang tak terduga. Kerugian ini bisa berupa cacat seumur hidup, penyakit kritis bahkan terjadinya kematian. Anda sebagai seseorang yang sayang keluarga tentunya asuransi jiwa ini sangat cocok bagi Anda. Ada beberapa macam asuransi jiwa di Indonesia. Sebaiknya sebelum Anda menentukan asuransi mana yang akan Anda pilih, pelajari dahulu masing-masing asuransi yang di tawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan financial Anda. Berikut ulasannya:

jenis jenis asuransi jiwa

jenis jenis asuransi jiwa

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Asuransi jiwa berjangka merupakan asuransi berjangka dalam waktu tertentu dengan kontrak 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun dan seterusnya. Premi yang di tawarkan oleh perusahaan asuransi selama masa kontrak juga sangat murah, mulai dari 3 juta per tahun, namun dengan pertanggungan yang begitu besar bahkan mencapai milyaran rupiah.

Dari kelebihan di atas, ada juga kekurangan dari asuransi jenis ini. Jika masa kontrak habis atau jika Anda meninggal atau tidak produktif lagi setelah habis kontrak, maka keluarga Anda tidak akan mendapat pertanggungan. Selain itu, Anda juga tak akan mendapatkan uang tunai dari premi yang di bayarkan. Jika Anda ingin perpanjang kontrak lagi, maka premi yang di bayarkan akan mengalami kenaikan.

Baca juga:  Asuransi Kesehatan Yang Bagus di Indonesia

Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi seumur hidup akan memberi pertanggungan seumur hidup untuk Anda. Namun saat ini banyak perusahaan asuransi yang membatasi hanya 100 tahun saja. Kelebihan dari asuransi jiwa jenis ini ialah pertanggungannya tak akan hangus walaupun tak ada klaim. Hal ini karena umur manusia yang jarang mencapai 100 tahun, maka akan mendapat pertanggungan tersebut.Adapun pembayaran sama seperti asuransi jiwa pada umumnya, yakni di lakukan per bulan, quarter, semester dan pertahun.

Selain kelebihan di atas, asuransi seumur hidup juga memiliki kekurangan. Premi yang harus di bayarkan lebih besar dari asuransi jiwa berjangka.Selain itu, nilai pertanggungan juga lebih kecil dari asuransi jiwa yang lain yakni sekitar 150 – 500 juta. Akan tetapi Anda juga akan mendapatkan uang tunai dari premi yang di bayarkan. Meskipun begitu, tetap saja jumlahnya kecil sekitar 4 persen dari jumlah total premi per tahun.

Asuransi Dwiguna (Endowment)

Seperti namanya, asuransi ini memiliki 2 kegunaan yakni sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan atau gabungan dari term life dan whole life. Jika Anda meninggal saat kontrak berjalan, Anda tetap akan memperoleh pertanggungan.Nilainya juga sama dengan asuransi yang lain yakni berkisar 150-500 juta. Sebaliknya, jika Anda masih hidup sementara kontraknya telah berakhir, Anda tetap bisa mencairkan uang tersebut dan Anda juga dapat menarik polis asuransi apabila suatu saat ada keperluan yang mendesak sehingga Anda membutuhkan uang tersebut dalam jangka waktu tertentu beberap tahun sekali.Namun semuanya harus sesuai dengan perjanjian awal dari perusahaan asuransi.

Dari gabungan kedua asuransi tersebut, tak heran premi yang akan Anda bayarkan juga akan lebih besar dan pembayaran bisa Anda lakukan perbulan, quarter,semester dan per tahun. Asuransi jenis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memastikan pendidikan anak ke jenjang yang lebih tinggi

Baca juga:  Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jenis ini memang sudah banyak di kenal oleh masyarakat umum. Asuransi Jiwa Unit Link memiliki 2 fungsi sekaligus yakni sebagai perlindungan diri dan investasi. Dari ketiga asuransi di atas, asuransi unit link lebih mahal karena bisa memberikan proteksi dan investasi yang sangat menguntungkan bagi Anda.

Baca Juga : Pengertian Asuransi Unit Link, Manfaat serta Contoh Perhitungannya

Advertisement

Pencarian:

    Jenis asuransi jiwa

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×