Panduan Proses Klaim Asuransi Rumah

Advertisement

Panduan Proses Klaim Asuransi Rumah – Asuransi untuk rumah tinggal memang sangatlah penting. Hal ini demi menjaga keamanan dan kenyamanan penghuni rumah tersebut, apalagi asuransi kebakaran bisa melindungi aset-aset berharga Anda. Jika sewaktu-waktu terjadi musibah, asuransi ini sangat bermanfaat untuk melindungi harta benda Anda yang berada di dalamnya.

Bagaimana proses klaim asuransi kebakaran? Proses tersebut harus sesuai dengan perjanjian di awal kontrak. Apabila pihak yang tak tertanggung ikut terkena musibah, perusahaan asuransi tak akan mengganti kerugian terhadap sesuatu yang tak tertanggung yang telah disesuaikan dengan perjanjian awal. Perusahaan asuransi hanya akan menempatkan pihak tertanggung yang telah mengalami musibah. Berikut panduan proses klaim asuransi yang bisa Anda pelajari :

prosedur klaim asuransi rumah 2015

prosedur klaim asuransi rumah 2015

Lapor 3 x 24 jam setelah kejadian

Anda harus segera melaporkan kejadian yang terjadi pada rumah Anda kepada petugas asuransi dalam waktu 3 x 24 jam setelah kejadian. Laporan pendahuluan ini bisa disampaikan secara lisan atau surat, teleks, faksimili, dan lain-lain. Petugas asuransi secara proaktif akan membantu menyelesaikan proses klaim yang Anda ajukan.

Laporan kerugian

Langkah selanjutnya Anda harus membuat laporan atau keterangan tertulis yang memuat hal- yang Anda ketahui mengenai kerugian atau kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut. Yang harus dicantumkan dalam laporan adalah:

  • Tempat, tanggal, dan waktu terjadinya kebakaran atau kerusakan
  • Sebab-sebab kebakaran atau kerusakan
  • Besarnya kerugian menurut taksiran Anda yang dilengkapi dengan segala sesuatu yang terbakar, musnah, hilang, rusak dan terselamatkan
  • Nomor telepon yang dapat dihubungi untuk klaim (nomor telepon, fax, alamat email dll).
  • Informasi lainnya yang menurut Anda perlu disampaikan kepada pihak asuransi

Dokumen pendukung klaim

Baca juga:  Pentingnya Asuransi Pendidikan Bagi Anak

Sebagai data-data pendukung, Anda harus menyerahkan dokumen pendukung klaim kepada petugas asuransi. Dokumen ini berguna untuk mempermudah klaim asuransi rumah Anda cepat keluar dan diurus. Ada dua kejadian yang kemungkinan dapat terjadi pada rumah Anda yakni pencurian dan kerusakan. Keduanya membutuhkan dokumen yang berbeda.

A. Pencurian : Surat klaim resmi ke perusahaan asuransi, Perincian barang yang hilang termasuk detail spesifikasi (mohon disiapkan bukti pembelian untuk verifikasi nilai barang yang hilang).Kronologi kejadian yang menerangkan kejadian, termasuk informasi saat terakhir melihat / menggunakan barang tersebut dalam kondisi baik serta siapa yang pertama kali menyadari kehilangan barang tersebut.Surat keterangan hilang dari kepolisian. Penawaran harga untuk perbaikan atau penggantian barang yang hilang.

B. Kerusakan : Surat klaim resmi ke perusahaan asuransi. Perincian barang yang rusak termasuk detail spesifikasi (mohon disiapkan bukti pembelian untuk verifikasi nilai barang yang hilang). Kronologi kejadian yang menerangkan kejadian, termasuk informasi saat terakhir melihat/menggunakan barang tersebut dalam kondisi baik dan siapa yang pertama kali menyadari kerusakan barang tersebut. Laporan teknis dari orang yang ditunjuk untuk memperbaiki yang menyebutkan penyebab kejadian dan seberapa jauh kerusakannya, apakah masih bisa diperbaiki atau tidak. Penawaran harga untuk perbaikan atau penggantian barang yang hilang.

Penelitian Polis

Untuk selanjutnya pihak asuransi akan meneliti polis yang diajukan oleh nasabah. Penelitian ini meliputi apakah kebakaran atau kerusakan terjadi dalam masa waktu pertanggungan dan juga apakah premi telah dilunasi atau dibayar oleh nasabah.

Penelitian Klaim

Apabila validitas polis telah terkonfirmasi, selanjutnya petugas asuransi akan melakukan pemeriksaan atau penelitian di lapangan untuk mengetahui : penyebab terjadinya kebakaran atau kerusakan, tempat terjadinya kebakaran atau kerusakan, jumlah kerugian yang dialami (taksiran), jumlah harga sisa dari bangunan atau barang atau mesin yang tidak terbakar atau rusak (taksiran). Selain  itu, jika saat kejadian Anda kebetulan berada di tempat saat terjadinya peristiwa, maka Anda wajib melakukan hal-hal berikut:

  • Menyelamatkan dan menjaga harta benda yang ditanggungkan dan atau kepentingan yang ditanggungkan, serta mengizinkan orang lain menyelamatkan dan menjaga harta benda dan atau kepentingan tersebut.
  • Memberikan bantuan sepenuhnya kepada pihak asuransi atau wakilnya atau pihak lain yang ditunjuknya untuk melakukan penelitian atas kerugian dan kerusakan yang terjadi.
  • Menjaga keselamatan harta benda dan atau kepentingan yang ditanggungkan yang masih bernilai.
Baca juga:  Tips Memilih Produk Asuransi Syariah Yang Tepat

Penunjukan Loss Adjuster

Selanjutnya dari hasil survey di atas,akan di ketahui apakah kasus tersebut sederhana atau rumit. Apabila sederhana, kasus tersebut bisa di tangani sendiri oleh perusahaan asuransi, akan tetapi apabila kasus tersebut rumit, dan jumlah kerugiannya cukup besar hingga memakan waktu cukup lama, maka Penilaian Klaim (claim assessment) diserahkan kepada Penilai Kerugian (Loss Adjuster) yang ditunjuk oleh Kami dengan pemberitahuan kepada Anda. Meskipun proses klaim asuransi rumah di tangani sendiri maupun Loss Adjuster, Anda tetap harus menyediakan dokumen-dokumen penting pendukung klaim.

Sumber : tipspedia.net

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×