Pengertian Asuransi Unit Link, Manfaat Serta Contoh Perhitungan

Advertisement

Pengertian Asuransi Unit Link, Manfaat Serta Contoh Perhitungan – Mungkin orang berpikir kembali saat akan membeli sebuah polis asuransi. Bagaimana tidak, membeli polis asuransi sama dengan mengeluarkan biaya yang tak tentu hasilnya. Tak jarang banyak orang enggan membeli produk asuransi karena alasan tersebut. Lalu, bagaimana jika produk asuransi di gabung dengan investasi? Apakah menguntungkan ?Apabila kita teliti lagi, unit link tidaklah selalu menguntungkan. Hal ini di karenakan dana yang Anda setor terbagi menjadi dua, yakni biaya premi dan investasi. Namun terlepas dari hal tersebut, timbul sebuah pertanyaan, kenapa unit link tetap ditawarkan?

Fasilitas dan Biaya Unit Link

Pada produk unit link, Anda akan memperoleh proteksi asuransi sebagai perlindungan diri atau barang atas musibah tak terduga di masa mendatang. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan manfaat berupa aset. Hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk lebih memilih produk ini. Namun, beberapa orang juga ada yang sedikit kecewa dengan menanamkan uangnya di unit link. Mengapa demikian, biasanya produk unit link lebih mahal lantaran komponen biayanya tergolong tinggi. Sebaliknya hasil imbal baliknya sedikit lambat di banding produk investasi murni. Berikut beberapa alasan kenapa produk unit link lebih mahal dari produk yang lain.

  • Biaya Administrasi : Biaya administrasi tetap di kenakan pada pemegang polis selama polis itu masih berlaku. Besarnya biaya pun tergantung dari kebijakan pihak sauransi. Sementara sistem pembayaran dihitung dalam bulanan bahkan ada yang tahunan
  • Biaya Alokasi Premi : Biaya ini di kenakan saat pertama kali membeli asuransi unit link. Tentu saja hal ini kurang menyenangkan bagi pemegang polis, biaya ini pun juga dipungut tiap dana yang dialokasikan ke produk investasi.
  • Biaya Pengelolaan Investasi : Selain biaya diatas, perusahaan asuransi juga memberikan biaya pengelolaan investasi pada pemegang polis. Biaya pengelolaan investasi bisa bervariasi tergantung investasi yang di pilih serta keuntungan margin yang di harapkan oleh perusahaan. Biasanya besarnya biaya sekitar 3 persen per tahun berdasarkan harga unit.
asuransi unit link

asuransi unit link

Manfaat Produk Unit Link

Baca juga:  Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

Namun, di balik kekurangan di atas, produk unit link juga memiliki kelebihan. Bahkan produk ini masih laris di pasaran. Banyak orang memilih produk ini dengan alasan-alasan tertentu. Alasan paling umum ialah produk unit link ini terkesan memaksa orang untuk lebih disiplin dalam berinvestasi. Selain itu unit link juga menawarkan beberapa bonus asuransi.Lengkapnya layanan keuangan dalam satu produk, mulai dari investasi, asuransi jiwa, kecelakaan, penyakit kritis, plus investasi di reksa dana menjadikan produk ini tetap laku di pasaran.

Pada prakteknya, produk unit link selalu di lirik oleh masyarakat. Apalagi bagi nasabah yang memiliki riwayat penyakit kritis dan akan memasuku masa pensiun. Jika Anda jeli membaca polis, para nasabah unit link akan mendapat keuntungan jika mereka memilih unit link dengan premi tunggal.Jika resiko meninggal terjadi maka ahli waris bisa mendapatkan uang pertanggungan (UP) 150% dari premi awal. Sebagai contoh, ada seorang yang mengikuti program dana pensiun di unit link dengan premi tunggal sebesar Rp.500 juta. Manfaat apa yang bisa di ambil dari unit link premi tunggal ini? Jika ia meninggal dunia, ahli waris bisa mendapatkan uang pertanggungan sebesar Rp. 500 juta di kalikan 150 % = Rp 750 juta. Ini sebagai contoh perhitungan unit link untuk Anda.

Agar tidak terjebak dalam pro kontra produk unit link, sebaiknya sebelum Anda membeli asuransi unit link perhatikan serta pertimbangkan dahulu hal-hal berikut ini : Pertama, tujuan keuangan Anda harus tepat sasaran. Tetapkan tujuan keuangan Anda sehingga produk yang diambil tepat guna. Kedua, Anda juga harus mengukur kapasitas keuangan keluarga Anda agar nantinya tak terlalu berat dalam menjalani gaya hidup sehari -hari. Ketiga, sebaiknya kenali dan pahami dulu tentang produk asuransi unit link seperti biaya-biaya yang timbul,kinerja dana investasi serta semua aturan main dalam asuransi ini. Demikian informasi tentang pengertian asuransi unit link, manfaat serta contoh perhitungan produk unit link. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda dalam bidang asuransi.

Baca juga:  Cara Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan
Advertisement

Pencarian:

    manfaat ekonomis dari asuransi unit link bagi pesertanya adalah, pengertian unit link, manfaat unit link, asuransi unit link adalah, perhitungan unit link, apa yang dimaksud unit link, perhitungan asuransi unit, Pengertian Asuransi Manfaat Asuransi aunit Link, cara menghitung unit link, uraian tentang polis asuransi unit link

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×