Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

Advertisement

Pengertian Klaim Asuransi – Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi. Setelah klaim asuransi di ajukan, perusahaan asuransi meninjau validitasnya dan kemudian akan di bayarkan kepada pihak tertanggung setelah di setujui. Klaim asuransi bertujuan untuk memberikan manfaat yang sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi kepada pemegang polis (tertanggung).  Agar Klaim Asuransi dapat diproses dan dibayar oleh perusahaan asuransi,  ada berbagai ketentuan penting mengenai pengajuan klaim yang harus diperhatikan.

asuransi klaim

Sebelum mengajukan klaim asuransi,pastikan memiliki manfaat sesuai dengan yang tercatat dalam polis asuransi. Misalnya, jika Anda memiliki Asuransi jiwa saja, maka secara otomatis jika anda mengajukan klaim asuransi untuk rawat inap, perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaimnya. Jadi teliti kembali manfaat asuransi yang sudah anda ambil, dan pastikan bahwa anda memiliki manfaat asuransi yang akan anda klaim.

Polis masih berlaku (inforce).  Anda harus memastikan juga, bahwa polis Anda masih berada dalam keadaan Inforce/berlaku/aktif. Jadi agar polis Anda senantiasa dalam keadaan Inforce, pastikan Anda melakukan pembayaran/transaksi secara rutin (terutama di dua tahun pertama, jangan sampai ada yang bolong).

Polis tidak dalam masa tunggu. Pastikan Polis asuransi tidak dalam masa tunggu. Maksudnya masa tunggu adalah masa mulai berlakunya perlindungan asuransi. Contohnya : untuk perlindungan rawat inap yang disebabkan karena sakit, seperti : typhus, demam berdarah, dll. Masa tunggunya adalah 30 hari sejak diterima sebagai peserta asuransi.

Pastikan klaim yang Anda ajukan bukan pengecualian yang tertera dalam polis. Misalnya Anda pernah menjalani operasi jantung. Saat Anda mengajukan sebuah polis jenis asuransi, dan ternyata hasil medikalnya tak sesuai yang Anda harapkan, sehingga untuk sakit jantung Anda tidak bisa di cover. Jadi jika Anda mengajukan klaim karena sakit jantung, otomatis perusahaan asuransi tidak akan membayarnya.

Baca juga:  Asuransi Kesehatan Yang Bagus di Indonesia

Jadi inti struktue dari Klaim Asurasnis adalah sebagai berikut:

  • Polis Asuransi
  • Premi
  • Klaim asuransi
  • Penangguh
  • Tertangguh
  • Underwriting

Setelah ketentuan di atas terpenuhi, klaim yang anda ajukan wajib dilengkapi dengan semua persyaratan dan dokumen pelengkap yang dibutuhkan. Untuk itu periksalah terlebih dahulu kriteria klaim yang akan Anda ajukan dengan menghubungi Agen Anda. Demikian informasi mengenai pengertian Klaim Asuransi. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Pencarian:

    pengertian klaim, pengertian klaim secara umum, pengertian klaim asuransi, pengertian klaim bpjs, arti klaim bpjs, definisi klaim bpjs, pengertian klaim bpjs kesehatan, pengertian klaim pada perusahaan distributor, arti/klaim bpjs, pengertian kleim asuransi

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×