Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Advertisement

Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional – Saat ini banyak sekali produk-produk asuransi yang menawarkan berbagai fitur menarik. Namun, seringkali perusahaan asuransi hanya menawarkan manfaat di awal saja, sementara kedepannya akan timbul masalah baru. Kita yang telah terlanjur memilih produk asuransi yang awalnya baik namun di kemudian hari kita harus membayar biaya yang begitu mahal. Oleh karena itu, kita harus lebih cermat lagi sebelum kita memutuskan untuk memilih salah satu asuransi tersebut. Jika kita di tanya, tentus aja kita ingin memilih asuransi terbaik tanpa dibebani biaya premi yang besar setiap bulannya.

Bagi Anda yang tak ingin mengalami kerugian baik di masa kini maupun masa depan, sebaiknya mulailah mencermati perbedaan antara asuransi yang bersifat konvensional dengan syariah. Di Indonesia, asuransi yang sifatnya syariah sudah banyak di kenal oleh masyarakat dan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini :

Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional

Objek Jaminan Asuransi Syariah

Perbedaan yang paling mencolok dari asuransi konvensional dan syariah adalah pada objek yang di jamin tersebut. Asuransi syariah memberikan jaminan pada suatu objek yang bebas dari unsur haram.Jika kita akan mengasuransikan mobil ataupun rumah sebaiknya ketahui dengan jelas apakah mobil atau rumah tersebut bebas dari unsur haram atau tidak. Rumah dan mobil hasil korupsi tentu saja tak akan bisa di jamin dengan asuransi yang bersifat syariah. Selain itu, tanah hasil sengkete yang tak memiliki surat-surat yang jelas juga tidak akan bisa untuk di asuransikan.Sementara itu, apabila Anda memilih asuransi konvensional, objek yang akan di jamin tak begitu permasalahkan karena yang terpenting ialah pembayaran premi setiap bulannya. Asuransi berbasis syariah juga memberikan perlindungan yang langsung di awasi oleh Dewan Pengawas Syariah yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi konvensional.

Baca juga:  Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Pengelolaan Risiko Asuransi Syariah

Perbedaan yang lain terdapat pada pengelolaan resiko terhadap nasabahnya. Pada asuransi syariah, pengelolaan resiko di bebankan kepada pihak perusahaan asuransi dan para peserta asuransi. Ini sangat berbeda dengan asuransi konvensional yang resiko akan di tanggung oleh perusahaan asuransi saja. Asuransi berbasis syariah juga memiliki pengelolaan dana asuransi yang lebih transparan sehingga sangat menguntungkan bagi pemegang polis. Apabila Anda memilih asuransi konvensional, tentunya perusahaan asuransi akan membebani Anda dengan biaya premi asuransi setiap bulannya di tambah biaya-biaya lain yang menguntungkan perusahaan tersebut.

Dengan mencermati ciri-ciri tersebut, di harapkan Anda bisa memilih asuransi yang paling baik untuk Anda. Tak ada larangan untuk memilih salah satu dari asuransi yang telah di sebutkan di atas, namun Anda juga harus tetap mempertimbangkan dari segala aspek dan teliti sebelum memutuskan jaminan asuransi dari perusahaan tersebut. Demikianlah informasi mengenai Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional. Semoga artikel ini  bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • asuransi klaim

    Pengertian Klaim Asuransi Secara Singkat Namun Jelas

    Pengertian Klaim Asuransi - Klaim asuransi merupakan suatu permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dimana perusahaan tersebut diminta melakukan pembayaran berdasarkan ketentuan polis asuransi.
  • Jenis Asuransi

    Asuransi Yang Wajib Di miliki Anda dan Keluarga

    Asuransi Yang Wajib Di miliki - Seiring bertambahnya usia maka semakin tinggi pula resiko dalam perjalanan hidup Anda. Peristiwa-peristiwa yang tak terduga bisa saja terjadi kapan saja. Untuk
  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • asuransi yang bagus 2015

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

    Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017 - Pada selasa (9/6) malam, Media Asuransi mengumumkan dan memberikan penghargaan Insurance Award 2017 kepada 27 perusahaan Asuransi terbaik
  • cara cek saldo jht jamsostek

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

    Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan - Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×