Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Advertisement

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan – Apabila Anda telah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka sudah semestinya Anda memahami prosedur pengobatan secara gratis dari fasilitas yang telah di sediakan oleh pemerintah ini. Jika Anda masih belum mengerti, sebaiknya Anda perlu menyimak artikel di bawah ini.

Mengenai proses klaim BPJS Kesehatan, ada beberapa tahapan yang harus di lalui. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan jika Anda hendak berobat dengan kartu BPJS Kesehatan dengan mendatangi rumah sakit tanpa mengikuti prosedur yang telah di tetapkan, maka bukan tak mungkin lagi Anda akan menerima penolakan. Untuk itu, Anda di tuntut untuk memahami tahapan-tahapan serta cara penggunaan BPJS untuk berobat. Berikut ulasan Prosedur Klaim BPJS Kesehatan:

Ini dia Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

klaim bpjs kesehatan

prosedur klaim bpjs kesehatan

Mendatangi Puskesmas Setempat

Di saat anggota BPJS Kesehatan mengalami sakit dan ingin mengklaim haknya, langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan mendatangi Faskes atau Fasilitas Kesehatan. Faskes yang di maksud bisa Puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga. Akan tetapi jika Anda mengalami sakit yang cukup serius dan butuh penanganan yang cepat, Anda bisa langsung pergi ke Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dikatakan dalam kondisi darurat apabila pasien dalam keadaan sakit yang bisa saja menyebabkan kematian ataupun cacat. Namun, jika sakit tersebut dalam kondisi yang bersifat tidak darurat, maka Anda harus merujuk dahulu ke Faskes 1 ( Puskesmas atau dokter keluarga ).

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Faskes 1

 

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru

Pemeriksaan di Puskesmas

Peserta BPJS Kesehatan akan di periksa dan di obati ketika mendatangi puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga. Disinilah, Anda akan di beri putusan, apakah pihak puskesmas akan merujuk Anda ke Rumah sakit atau tidak. Apabila pihak puskesmas tidak sanggup lagi menangani, pasien akan di rujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pastikan Anda selalu membawa kartu atau surat rujukan dari Faskes 1 saat akan ke rumah sakit.

Baca juga:  Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru Online dan Offline 2017

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

Meminta Surat Rujukan

Jika keadaan kalian tidak memungkinkan untuk melakukan pengobatan di faskes tersebut maka kalian akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih lengkap. Nah, ini hal penting yang perlu kalian ketahui, Pastikan Anda selalu membawa kartu atau surat rujukan dari Faskes 1 saat akan ke rumah sakit, pengajuan rujukan akan ditolak oleh pihak rumah sakit ketika kalian tidak membawa surat tersebut.

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Ke Rumah Sakit Rujukan

Selanjutnya, Anda bisa langsung mendatangi rumah sakit yang telah di tetapkan dengan membawa kelengkapan yang di syaratkan. Perlu di ingat juga, saat pergi ke rumah sakit jangan di tunda-tunda atau terlambat, sebab jika Anda datang terlambat, Anda tak akan bisa di layani hari itu juga dan harus menunggu keesokan harinya. Beberapa kelengkapan yang harus di siapkan oleh pasien saat berobat ke rumah sakit adalah :

  1. Kartu BPJS Asli beserta fotocopy
  2. Foto copy KTP
  3. Foto Copy KK ( Kartu Keluarga )
  4. Foto Copy Surat Rujukan dari Faskes 1

Jika Anda telah menjalankan seluruh Prosedur Klaim BPJS Kesehatan serta persyaratan di atas, maka Anda pun sudah bisa mendapatkan pengobatan secara gratis di Rumah Sakit. Segala bentuk biaya sudah di tanggung oleh pihak BPJS Kesehatan termasuk obat-obatan.

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Namun, terdapat pengecualian terkait biaya gratis dari BPJS Kesehatan tersebut. Pengecualian ini akan berdampak pada biaya tambahan yang akan di kenakan oleh pasien BPJS. Misalnya, ketika ada beberapa obat dari rumah sakit yang tidak masuk dalam daftar obat yang di tanggung oleh BPJS, biaya perawatan yakni kelas perawatan yang di berikan oleh BPJS adalah kelas 1, jika pasien ingin dirawat di kelas VIP atau VVIP maka ada selisih biaya yang harus di tanggung oleh pasien.

Baca juga:  Syarat Mendapatkan Program Perumahan BPJS Ketenagakerjaan
Advertisement

Pencarian:

    klaim bpjs kesehatan, cara klaim bpjs kesehatan, syarat klaim bpjs kesehatan, prosedur klaim bpjs di rumah sakit, persyaratan klaim bpjs kesehatan, cara mengklaim bpjs kesehatan, ketentuan klaim bpjs, cara klaim bpjs rawat inap, alur klaim bpjs, bpjs kesehatan klaim

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

30 thoughts on “Pertanyaan Seputar Pencairan Dana Jamsostek BPJS JHT

    • Untuk pencairan saat ini bisa hingga 2 minggu lamanya Pak Adi. Bila masih belum cair, Anda dapat menghubungi BPJS setempat

  1. Saya sudah tidak bekerja, resign tgl 17 maret 2017 status kepesertaan saya sudah tidak aktif. Apa sudah bisa untuk pencairan? Klo nunggu sebulan lama.

  2. saya mau tanya dong, apakah bisa mencairkan bpjs tetapi pakai surat ktp sementara / resi dari dinas kependudukan. di karenakan ktp saya blm jadi dari bulan november?

  3. saya pernah bekerja perusahaan lama dan bpjs lama tdk terkoneksi dengan bpjs perusahaan baru,status bpjs lama tdk aktif,apa bisa saya cairkan bpjs yg lama?

  4. Saya punya 3 kartu bpjs di 3 perusahaan,dan sekarang tidak bekerja bisa tidak saya cairkan sekaligus 3 nya pak.trimksh

  5. Saya baru bekerja satu tahun ,tapi saya di phk oleh perusahaan saya.. bagaimana cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan saya..? Dan apa syarat2 nya ?

  6. Aq belum punya e-ktp, dan aq udah resign kerja belum genap 1 bulan. Dan bpjs ketenagakerjaan terisi saldo selama 1 th. Apa bisa di tarik? Karna aq butuh. Thanks

  7. Saya sudah tidak bekerja dari tgl 23 maret 2017… tp masih ada sisa gaji yg masuk ditgl 25 april 2017 .. apakah bisa saya cairkan dana bpjs saya di tgl 26 april 2017 ????tks

    • Menunggu 1 bulan Pak, apakah Bapak sudah meminta Paklaring dari perusahaan tempat Bapak bekerja dulu?. Bila sudah silakan menunnggu 1 bulan lalu silakaan cairkan dana JHT di kantor cabang BPJS daerah Bapak.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×