Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Posted on
Advertisement

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan – Apabila Anda telah terdaftar menjadi anggota BPJS Kesehatan, maka sudah semestinya Anda memahami prosedur pengobatan secara gratis dari fasilitas yang telah di sediakan oleh pemerintah ini. Jika Anda masih belum mengerti, sebaiknya Anda perlu menyimak artikel di bawah ini.

Mengenai proses klaim BPJS Kesehatan, ada beberapa tahapan yang harus di lalui. Mengapa demikian? Hal ini di karenakan jika Anda hendak berobat dengan kartu BPJS Kesehatan dengan mendatangi rumah sakit tanpa mengikuti prosedur yang telah di tetapkan, maka bukan tak mungkin lagi Anda akan menerima penolakan. Untuk itu, Anda di tuntut untuk memahami tahapan-tahapan serta cara penggunaan BPJS untuk berobat. Berikut ulasan Prosedur Klaim BPJS Kesehatan:

Ini dia Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

klaim bpjs kesehatan
prosedur klaim bpjs kesehatan
  1. Mendatangi Puskesmas Setempat

Di saat anggota BPJS Kesehatan mengalami sakit dan ingin mengklaim haknya, langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan mendatangi Faskes atau Fasilitas Kesehatan. Faskes yang di maksud bisa Puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga. Akan tetapi jika Anda mengalami sakit yang cukup serius dan butuh penanganan yang cepat, Anda bisa langsung pergi ke Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dikatakan dalam kondisi darurat apabila pasien dalam keadaan sakit yang bisa saja menyebabkan kematian ataupun cacat. Namun, jika sakit tersebut dalam kondisi yang bersifat tidak darurat, maka Anda harus merujuk dahulu ke Faskes 1 ( Puskesmas atau dokter keluarga ).

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan Faskes 1

 

  1. Pemeriksaan di Puskesmas

Peserta BPJS Kesehatan akan di periksa dan di obati ketika mendatangi puskesmas, klinik ataupun dokter keluarga. Disinilah, Anda akan di beri putusan, apakah pihak puskesmas akan merujuk Anda ke Rumah sakit atau tidak. Apabila pihak puskesmas tidak sanggup lagi menangani, pasien akan di rujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Pastikan Anda selalu membawa kartu atau surat rujukan dari Faskes 1 saat akan ke rumah sakit.

Baca juga:  Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru Online dan Offline 2017

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan

  1. Meminta Surat Rujukan

Jika keadaan kalian tidak memungkinkan untuk melakukan pengobatan di faskes tersebut maka kalian akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas yang lebih lengkap. Nah, ini hal penting yang perlu kalian ketahui, Pastikan Anda selalu membawa kartu atau surat rujukan dari Faskes 1 saat akan ke rumah sakit, pengajuan rujukan akan ditolak oleh pihak rumah sakit ketika kalian tidak membawa surat tersebut.

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

  1. Ke Rumah Sakit Rujukan

Selanjutnya, Anda bisa langsung mendatangi rumah sakit yang telah di tetapkan dengan membawa kelengkapan yang di syaratkan. Perlu di ingat juga, saat pergi ke rumah sakit jangan di tunda-tunda atau terlambat, sebab jika Anda datang terlambat, Anda tak akan bisa di layani hari itu juga dan harus menunggu keesokan harinya. Beberapa kelengkapan yang harus di siapkan oleh pasien saat berobat ke rumah sakit adalah :

  • Kartu BPJS Asli beserta fotocopy
  • Foto copy KTP
  • Foto Copy KK ( Kartu Keluarga )
  • Foto Copy Surat Rujukan dari Faskes 1

Jika Anda telah menjalankan seluruh Prosedur Klaim BPJS Kesehatan serta persyaratan di atas, maka Anda pun sudah bisa mendapatkan pengobatan secara gratis di Rumah Sakit. Segala bentuk biaya sudah di tanggung oleh pihak BPJS Kesehatan termasuk obat-obatan.

Prosedur Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit

Namun, terdapat pengecualian terkait biaya gratis dari BPJS Kesehatan tersebut. Pengecualian ini akan berdampak pada biaya tambahan yang akan di kenakan oleh pasien BPJS. Misalnya, ketika ada beberapa obat dari rumah sakit yang tidak masuk dalam daftar obat yang di tanggung oleh BPJS, biaya perawatan yakni kelas perawatan yang di berikan oleh BPJS adalah kelas 1, jika pasien ingin dirawat di kelas VIP atau VVIP maka ada selisih biaya yang harus di tanggung oleh pasien.

Baca juga:  Syarat Mendapatkan Program Perumahan BPJS Ketenagakerjaan
Advertisement

Pencarian:

    klaim bpjs kesehatan, cara klaim bpjs kesehatan, syarat klaim bpjs kesehatan, prosedur klaim bpjs di rumah sakit, persyaratan klaim bpjs kesehatan, cara mengklaim bpjs kesehatan, alur klaim bpjs, bpjs kesehatan klaim, klain pasien bpjs, apakah bpjs kesehatan bisa diklaim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *