Tips Agar Hemat di Bulan Puasa

Advertisement

Tips Agar Hemat di Bulan Puasa – Seperti yang kita ketahui, di bulan Ramadhan ini tentu harga kebutuhan pokok semakin melonjak. Pengeluaran Anda pun akan jauh lebih besar daripada bulan-bulan biasa. Bahkan yang tadinya kita mau berhemat pengeluaran karena puasa justru malah kebobolan dengan berbagai pengeluaran yang tidak terduga. Hal ini tentu saja bisa menjadi masalah bagi Anda, karena Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk berbelanja demi mendapatkan kebutuhan selama bulan Ramadhan yang jumlahnya juga tidak sedikit.

Namun Anda tak perlu khawatir, pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit tips dan trik mengendalikan pengeluaran selama bulan Ramadhan agar kondisi keuangan Anda masih berada dalam track normal. Berikut Tips Agar Hemat di Bulan Puasa :

cara agar hemat di bulan puasa

cara agar hemat di bulan puasa

Belanja Dalam Jumlah Besar

Perlu Anda ketahui, belanja dalam jumlah yang besar justru akan menghemat pengeluaran Anda. Bila sebelumnya Anda belanja satu kali dalam seminggu, Anda bisa mencoba belanja sekali dalam sebulan atau belanja dalam jumlah yang besar.

Baca Juga : Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Sebenarnya, penghematan ini merupakan akumulasi dari beberapa hal. Pertama ketika Anda belanja dalam jumlah yang besar, tentu toko tempat Anda belanja juga akan memberikan harga yang lebih murah. Selain itu, dengan Anda belanja dalam jumlah besar dan sekaligus, tentu Anda tak harus mengeluarkan biaya bensin, uang parkir dan lain sebagainya.

Mengurangi Berbuka di Luar Rumah

Di saat Ramadhan seperti ini, tentu banyak sekali undangan berbuka bersama, mulai dari teman-teman semasa SMA atau kuliah dulu hingga rekan kerja Anda sekarang ini. Jika Anda selalu menerima tawaran untuk buka bersama, jangan heran jika di akhir bulan puasa ini Anda hanya mengantongi beberapa lembar uang saja karena pengeluaran Anda justru akan lebih besar dibanding bulan biasa. Untuk itu, sebaiknya pilih tawaran yang ingin Anda datangi saja. Toh, undangan ini juga gak wajib kok. Jangan jadikan undangan bukber ini sebagai beban bahwa Anda musti hadir di acara tersebut.

Baca juga:  Hindari 7 Kesalahan Finansial di Tahun 2016

Baca Juga : Tips Mengatasi Kebiasaan Boros Dengan Metode Yang Tepat

Bikin Cemilan Sendiri

Rasa lapar kerap kali membuat Anda tergoda untuk menikmati makanan-makanan yang ada di toko. Apalagi jika dalam toko tersebut terlihat susunan-susunan kue yang tampak lezat. Kalau Anda tidak bisa menahannya, pasti kue itu tetap Anda beli tanpa tau siapa nanti yang akan menghabiskannya.

Di bulan puasa ini memang cenderung terlihat sebagai godaan. Hal ini pun juga akan mempengaruhi pengeluaran Anda. Yang mulanya akan di pakai untuk membeli kebutuhan pokok justru malah berbelok untuk membeli kue. Padahal Anda juga tau bahwa kue itu harganya juga tidak murah. Jika Anda memang ingin kue itu sementara pengeluaran Anda terbatas, cobalah Anda siasati dengan cara membuat kue sendiri. Cari informasi di internet tentang cara membuat kue yang Anda inginkan itu. Hal ini untuk meminimalis pengeluaran Anda agar tidak membengkak.

Mengatur Pola Makan

Banyak masyarakat yang begitu mengistimewakan puasa, dalam artian membuat puasa ini patut untuk di rayakan dengan cara yang mewah. Sebagai contoh, mengadakan acara berbuka puasa di restoran mewah yang menyediakan makanan-makanan yang mahal. Jika Anda melakukan hal tersebut, jangan harap pengeluaran Anda dapat terkontrol.

Walaupun bulan Ramadhan datangnya hanya sekali dalam setahun, bukan berarti Anda harus selalu mengistimewakan dengan cara-cara yang seperti itu. Anda juga harus menjaga kualitas pola makan Anda di bulan puasa ini. Pastikan gizi Anda terpenuhi setiap harinya dengan cara mengolah makanan yang bergizi dan menyajikannya saat sahur maupun berbuka puasa.

Memanfaatkan Promo dan Diskon

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit dan debit, di bulan Ramadhan ini tentu sangat menguntungkan. Biasanya pada momen seperti ini bank justru akan memberikan promo serta diskon guna memacu transaksi konsumen. Untuk itu, manfaatkanlah kartu kredit Anda, bisa jadi Anda malah mendapat cashback yang bisa Anda manfaatkan pada bulan depan atau saat ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhan lain yang mendesak.

Baca juga:  Tips Pintar Kelola Belanja Bulanan

Selalu Sesuaikan Kebutuhan Dengan Kemampuan

Merayakan lebaran tak harus bermewah mewahan, tak perlu memaksakan diri untuk membeli pakaian yang mahal demi sebuah gengsi.Ada banyak promo menarik yang di tawarkan oleh toko-toko busana guna menarik minat konsumen. Pastikan Anda tetap memperhitungkan kebutuhan serta kemampuan dana Anda sendiri.

Advertisement

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×