Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Advertisement

Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan – Pernikahan menjadi salah satu impian bagi setiap orang dimana mereka akan membentuk sebuah keluarga bahagia dan meneruskan garis keturunannya. Meski begitu, pernikahan tak akan bisa terlaksana dengan baik tanpa adanya biaya yang cukup. Bahkan pernikahan yang sangat sederhana pun bisa saja membutuhkan dana yang bisa di bilang tidak sedikit setidaknya untuk membiayai administrasi dan penghulu.

Besarnya modal untuk menikah juga berbeda-beda, semua tergantung pada konsep pernikahan itu sendiri. Beberapa pasangan menganggap dana pernikahan ini merupakan pengeluaran mendadak, sehingga ada banyak pasangan yang kurang siap dan panik saat momen pernikahan tersebut sudah semakin dekat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menyiapkan biaya pernikahan sejak jauh-jauh hari. Paling tidak Anda menyiapkan biaya tersebut 3 tahun sebelum pernikahan di adakan dengan cara menyisihkan sebagian gaji atau pendapatan Anda setiap bulannya.

Hal ini tentu saja akan membuat Anda dan pasangan Anda terhindar dari hutang kepada pihak lain seperti keluarga atau bank. Jangan sampai Anda hanya merasakan kebahagiaan sesaat saja, hanya bahagia saat di pelaminan namun menderita di kemudiaan hari karena terlilit hutang.

cara mempersiapkan biaya nikah

cara mempersiapkan biaya nikah

Dalam mempersiapkan dana untuk nikah, sebaiknya Anda melakukan diskusi bersama pasangan. Diskusikan mengenai berapa besar penghasilan Anda dan pasangan. Berapa banyak uang yang harus di sisihkan di tiap bulannya, kemudian susunlah rencana keuangan bersama. Selain itu, Anda juga harus diskusikan masalah hutang, apakah ada hutang yang menjadi tanggungan atau tidak, misalnya saja kredit kendaraan, KTA, dan lain sebagainya. Ini sangat penting agar di kemudian hari tidak akan menjadi persoalan yang serius dan memberatkan pasangan.

Baca juga:  Hindari 7 Kesalahan Finansial di Tahun 2016

Baca Juga : Tips Investasi Setelah Menikah

Selanjutnya, besarnya biaya pernikahan tersebut bisa Anda jadikan sebagi tujuan perencanaan keuangan Anda. Hitung berapa dana yang harus di butuhkan untuk melangsungkan pernikahan serta kebutuhan apa saja yang harus di siapkan untuk resepsi acara pernikahan tersebut. Nah, untuk memudahkan Anda, sebaiknya Anda mengumpulkan informasi mengenai segala hal yang di butuhkan.

Jumlah Tamu

Jumlah tamu yang akan hadir akan menentukan kapasitas tempat, undangan, souvenir serta proporsi katering. Rumus untuk menentukan jumlah tamu adalah 2x jumlah undangan. Kenapa demikian, biasanya tamu undangan yang hadir akan membawa pasangan masing-masing, bahkan ada yang membawa saudara atau anak-anak mereka.

Biaya Sewa Gedung

Saat ini menyewa gedung pernikahan bisa menjadi alternatif bagi pasangan yang tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan pernikahan di rumah karena adanya beberapa faktor seperti lokasi yang sulit di capai, rumahnya yang sempit dll. Jika Anda ingin menyewa gedung, carilah informasi mengenai kisaran harga sewa gedung tersebut.

Biaya Paket Pernikahan

Biaya ini sudah termasuk baju penganten, make up, dekorasi, hiburan, dokumentasi, souvenir, pengiring dan lain sebagainya. Pilih paket yang telah Anda sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

Baca Juga : Tips Modal Nikah 50 Juta

Pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar, dan sudah menjadi rahasia umum  bagi Anda untuk berutang yang bisa menjadi pilihan praktis untuk mengatasi biaya-biaya pernikahan tersebut. Anda bisa mencari pinjaman kepada keluarga atau meminjam ke bank. Namun sebelum, mengajukan pinjaman sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan Anda, karena ketika sudah menikah, hutang tersebut menjadi beban keduanya. Pastikan juga utang Anda tak memberatkan kondisi keuangan Anda sehingga memungkinkan Anda dalam membayar cicilan setiap bulannya.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Budget

Berhati-hatilah dalam mengitung biaya pernikahan. Hitung dengan cermat mengenai dana yang telah Anda siapkan sebelum mencari kebutuhan pernikahan. Selalu berupaya menggelar pernikahan tanpa hutang sangatlah baik. Sebab berhutang akan memperburuk kondisi keuangan bahkan hubungan Anda dengan pasangan di kemudian hari.

Kenali Batasan Berutang

Batasan maksimal hutang yang paling aman ialah 30 persen dari penghasilan bersih Anda berdua. Semakin kecil batasan hutang tersebutm akan semakin baik pula. Sebagai contoh, jika total penghasilan bersama sebesar 6 juta rupiah, maka beban hutang setidaknya tak lebih dari 1,5 juta saja. Selanjutnya, setelah Anda tahu batasan utang, Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Misalnya, Kredit Multi Guna dan Kredit Tanpa Agunan ( KTA )

Advertisement

Pencarian:

    budget pernikahan 15 juta, modal nikah 10 juta

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×