Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan

Advertisement

Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan – Bisnis katering adalah salah satu peluang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan saat ini. Dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang cukup tinggi dari tahun ke tahun, tak jarang banyak masyarakat yang berminat menggeluti usaha katering ini. Bisnis katering melayani beberapa event-event seperti pesta ulang tahun resepsi pernikahan, makan malam bersama dan lain-lain.

Namun sejalan dengan bisnis katering ini, tak jarang pula beberapa orang mengalami kendala-kendala operasional. Bisnis ini memang membutuhkan stamina ekstra serta kemampuan dan ketrampilan interpersonal yang baik. Keberhasilan Anda dalam bisnis ini akan sangat tergantung pada reputasi Anda. Berikut beberapa tips memulai bisnis katering rumahan :

peluang usaha katering makanan

peluang usaha katering makanan

Permintaan katering

Permintaan terhadap katering terus meningkat selama bertahun-tahun. Pemicunya adalah semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan dan acara perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa katering  untuk melayani makan siang, dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan mereka.

Gaya hidup ini memberikan peluang bagi bisnis katering. Banyak ibu rumah tangga sekarang yang menggunakan jasa katering untuk menyiapkan pesta mewah dan tak terlupakan bagi para tamu mereka.Meningkatnya jumlah ibu yang menggunakan jasa katering untuk melayani pesta ulang tahun, kelulusan, serta resepsi pernikahan karena alasan sederhana. Para ibu hari ini mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu dan energi untuk melakukan semua perencanaan pesta yang mengesankan.Bahkan konsep makan perlahan-lahan diubah oleh bisnis katering: daripada pergi ke restoran untuk memakan makanan terbaik, keluarga dapat menggunakan jasa katering untuk menyantap makanan yang sama di rumah.

Baca juga:  Tips Sukses Menjadi Mompreneur

Biaya bisnis katering

Katering menawarkan kesempatan untuk memulai sebuah bisnis jasa makanan dengan investasi awal lebih rendah dibanding membuka restoran. Tujuan utama Anda harus memberikan layanan katering yang berkualitas, membuat setiap acara mengesankan, menyediakan layanan katering yang luar biasa mulai dari pemilihan dan persiapan makanan, porsi makanan, peralatan, mengatur dan membersihkan daerah yang ditunjuk, koordinasi dan konsultasi makanan untuk melayani acara tertentu. Biaya bagi bisnis katering akan tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam dapur.

Untuk menekan biaya awal, Anda dapat memulai bisnis katering dengan menyewa  perlengkapan memasak. Anda dapat menyewa fasilitas dapur dari bisnis yang melayani penyewaan peralatan tersebut. Jika keuangan sudah stabil Anda bisa membeli peralatan sendiri.

Dengan menyewa peralatan, fasilitas, dan perlengkapan, Anda dapat menggunakan beberapa bulan pertama untuk membangun reputasi Anda, mengembangkan modal untuk investasi, perluasan dan mengevaluasi berapa banyak waktu dan uang yang ingin diinvestasikan.

Potensi penghasilan

Potensi pendapatan dari bisnis katering tergantung pada ukuran acara yang dilayani. Seperti bisnis lain, katering membutuhkan manajemen dan keterampilan organisasi bisnis yang baik untuk berhasil.Kemampuan Anda menjaga biaya operasi sambil mempertahankan layanan berkualitas tinggi juga penting. Banyak orang yang mengatakan bahwa keuntungan dalam bisnis katering adalah yang terbaik di industri makanan dan minuman.

Untuk mengurangi biaya, Anda dapat menggunakan rumah sebagai kantor, kemudian mempekerjakan karyawan dan menyewa dapur dari restoran terdekat. Dengan sifatnya yang musiman, katering biasanya tidak memerlukan karyawan yang banyak sepanjang tahun.Namun, yang terpenting adalah bisnis tidak hanya menyediakan makanan besar namun juga kualitas layanan. Staf katering harus merespon kebutuhan klien, fleksibel dan profesional.

Apa yang Anda butuhkan

Baca juga:  Memulai Bisnis Restoran Dengan Modal Minim

Agar berhasil menjalankan bisnis katering dibutuhkan bakat dan passion dalam memasak hidangan yang lezat. Anda harus memiliki perencanaan dan menjadi manajer yang luar biasa. Anda harus sangat terorganisir, namun cukup fleksibel ketika menghadapi perubahan di menit-menit terakhir.

Beberapa jenis katering sekarang menawarkan pesanan online mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup dengan pemberitahuan minimal 48 jam.Anda tidak perlu pendidikan atau pelatihan khusus untuk menjadi pengusaha katering yang sukses. Namun, Anda dapat mengambil beberapa kursus di lembaga kuliner atau sekolah kejuruan yang secara signifikan dapat membantu meningkatkan kualitas penyajian makanan Anda.

Tingkat keberhasilan bisnis katering Anda sangat bergantung pada perencanaan dan penerapan yang baik dari rencana tersebut. Pahami apa yang diinginkan oleh konsumen serta berikan layanan yang memuaskan agar bisnis Anda berjalan lancar. Demikian informasi Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dalam memulai sebuah bisnis baru

Sumber : marketing.co.id

Advertisement

Pencarian:

    katering

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • strategi memasarkan produk 2015

    Strategi Pemasaran Produk Baru

    Strategi Pemasaran Produk Baru - Meningkatkan omset penjualan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Bagaimana tidak, omset penjualan menjadi hasil terakhir yang harus di capai oleh semua
  • sukses menjadi mompreneur

    Tips Sukses Menjadi Mompreneur

    Tips Sukses Menjadi Mompreneur - Perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini memang sangat mempengaruhi peta bisnis dunia. Kaum laki-laki yang dulunya lebih mendominasi dunia bisnis, kini
  • memulai bisnis kue kering

    Tips Memulai Bisnis Kue Kering Menjelang Hari Raya

    Tips Memulai Bisnis Kue Kering Menjelang Hari Raya - Bisnis di industri kuliner memang memiliki potensi yang sangat baik untuk mendatangkan keuntungan yang berlipat. Hal ini akan terus berkembang
  • bisnis ibu rumah tangga

    7 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

    7 Peluang Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga - Bagi sebagian orang, mungkin bekerja di rumah hanya sebagai sampingan untuk mengisi waktu dan menyalurkan hobi saja. Hal ini terlihat sepele, namun jangan
  • Hobi Menjadi Bisnis Sukses

    Ingin Hobi Menjadi Bisnis Sukses, Jawab Dulu Pertanyaan Ini

    Ingin Hobi Menjadi Bisnis Sukses, Jawab Dulu Pertanyaan Ini - Sudah tak bisa di pungkiri lagi, menjalankan bisnis yang berawal dari sebuah hobi memang sangat menyenangkan. Selain mudah dikerjakan,

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×