Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat

Advertisement

Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat – Kita sebagai orang tua pasti selalu berharap kelak anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan memiliki sikap-sikap positif dalam diri mereka. Tentu saja hal ini sangat beralasan, mengingat dasar dari kepribadian seseorang harus dibentuk sejak mereka masih anak-anak. Tak mengherankan, para orang tua selalu berusaha keras menanamkan sikap disiplin serta berbagai kebiasaan yang dianggap positif dalam diri anak-anak mereka.

Hal ini pun akan berdampak positif terhadap anak, sebaliknya jika hal ini dilakukan dengan cara yang tidak tepat, justru akan menimbulkan dampak negatif bagi si anak. Salah satu hal yang sering diterapkan oleh orang tua kepada anak-anaknya ialah cara hidup hemat. Apabila sejak dini diterapkan pola hidup hemat, bukan tidak mungkin lagi kelak si anak akan meraih kesuksesan dalam mengatur keuangan, bahkan bisa mengatur keseluruhan hidupnya.

mengajarkan anak hemat

mengajarkan anak hemat

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan pola hidup hemat dalam diri anak, berikut beberapa langkah cerdas yang bisa Anda jadikan sebagai contoh :

Belanja Hemat Bersama Anak

Secara umum, anak-anak pasti akan lebih gembira bila diajak berbelanja bersama, bahkan tak jarang mereka sangat antusias dan bersemangat saat melakukan itu. Sebagai orang tua yang cerdas, Anda bisa tunjukkan kepada anak-anak tentang bagaimana cara berbelanja yang hemat. Belilah barang yang memang benar-benar Anda butuhkan, pastikan selalu memperhitungkan manfaat dari barang yang Anda beli tersebut. Lakukan aktifitas ini dengan santai, berikan contoh kepada anak cara memilih barang serta perhitungan belanja yang tepat. Dalam hal ini, anak akan mengerti dan belajar untuk lebih teliti serta memiliki pertimbangan yang baik dalam berbelanja dan menggunakan uang.

Baca juga:  Pilih Beli Rumah Atau Mobil Dulu

Ajarkan Anak Menabung

Ini adalah salah satu cara terbaik dalam melatih anak untuk selalu memiliki gaya hidu hemat. Ajarkan pada diri anak untuk menabung di celengan dan selalu membiasakan kegiatan ini setiap harinya. Selanjutnya setelah anak masuk sekolah, tak ada salahnya membuatkannya rekening bank khusus anak dengan beragam fitur menarik di dalamnya.

Baca Juga : Pilihan Tabungan Anak Terbaik

Ceritakan Cara Mendapatkan Uang

Ceritakan pada anak Anda mengenai cara kita mendapatkan uang yang pada akhirnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup termasuk biaya sekolah si anak. Namun, perlu Anda perhatikan, tidak semua hal harus Anda ceritakan kepada anak, ada hal-hal yang belum mereka mengerti dan belum saatnya untuk diceritakan.

Bicaralah dengan santai dan gaya penceritaan yang menarik perhatian si anak. Hal ini akan membuat anak Anda lebih mudah paham dan tidak takut dengan semua kesulitan yang akan dihadapi oleh orang dewasa ketika mencari uang. Di awal, kita bisa bercerita tentang bagaimana orang tua berangkat bekerja dengan semangat agar anak-anaknya bisa makan dan sekolah tanpa kekurangan apapun. Ini akan membuat anak lebih menghargai segala pemberian orang tuanya dan mulai belajar untuk hidup berhemat.

Belanja dengan Uang Tunai

Meskipun saat ini sudah ada kartu kredit yang mana kegiatan belanja akan lebih mudah dan praktis, namun sebaiknya hal tersebut tidak Anda lakukan di depan anak-anak ketika berbelanja, bisa saja anak akan menirunya saat dewasa nanti.

Oleh karena itu, gunakan uang tunai saja ketika belanja bersama anak. Selain memberi contoh yang baik kepada anak, kita juga bisa mengontrol jumlah pengeluaran uang belanja dan menyesuaikan daftar belanja yang telah kita buat sebelumnya.

Baca juga:  5 Tips dan Tanda Keuangan Yang Sehat

Ajarkan Melakukan Perbandingan Harga

Ada pepatah mengatakan, anak adalah gambaran orang tuanya. Hal tersebut juga bisa berlaku pada gaya hidup yang kita tunjukkan kepada anak-anak yang kemudian akan dicontoh oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah bagaimana cara kita berbelanja. Jika kita membiasakan diri untuk memilih serta membandingkan harga barang-barang belanjaan dengan bijak dan si anak sering melihat kita melakukan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin lagi mereka juga akan melakukan hal yang sama ketika berbelanja. Anak-anak akan terbiasa membandingkan harga dan kualitas barang yang akan dibeli serta memiliki kemampuan untuk memilih barang terbaik.

Baca Juga : Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Ajarkan Untuk Selalu Bersyukur

Tak ada salahnya, sesekali ajak anak Anda melihat diluar wilayah kenyamanannya atau diluar rumah. Misalnya, Anda bisa mengajak si anak mengunjungi panti asuhan dan panti jompo, di tempat itu mereka bisa belajar bagaimana beruntungnya mereka yang meliliki segalanya dalam kehidupannya. Hal ini akan mengajarkan untuk selalu bersyukur atas apa yang telah dimilikinya saat ini.

Advertisement

Pencarian:

    cara melatih hidup hemat

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×