Tips Modal Nikah 50 Juta

Advertisement

Tips Modal Nikah 50 Juta – Biaya untuk menikah yang sangat minim seringkali menjadi permasalahan yang cukup memberatkan bagi pasangan yang ingin menyelenggarakan pernikahan. Tak jarang mereka akhirnya mengajukan pinjaman kepada bank untuk membiayai rancangan pesta pernikahan agar terkesan lebih mewah dan di pandang ” wah ” oleh orang lain. Padahal sejatinya acara pernikahan yang paling penting  terletak pada ucapan sah pasangan baru itu. Perkara pesta sebenarnya hanya sebagai tambahan saja apabila merasa mampu untuk menyelenggarakannya. Tak ada aturan atau kewajiban yang mengharuskan pasangan tersebut untuk mengadakan pesta yang megah untuk merayakan kebahagiaan mereka.

Lantas apa gunanya berhutang untuk merealisakan keinginan membuat pesta, namun setelah berakhirnya acara justru akan membebani kondisi keuangan Anda karena cicilan pinjaman yang besar serta tenor pembayaran yang sangat lama. Tak ada salahnya, jika Anda hanya memiliki modal minim untuk menikah. Berikut ini ada beberapa tips modal nikah 50 juta yang bisa Anda terapkan sebagai referensi untuk mengadakan pesta pernikahan Anda.

tips budget nikah 50 juta

tips budget nikah 50 juta

Membuat Pos Pengeluaran

Anda bisa membuat beberapa pos pengeluaran untuk mengalokasikan danan Anda supaya tepat sasaran. Jika Anda ingin menyelenggarakan pesta yang terkesan mewah, alokasikan presentase dana yang cukup besar pada bagian dekorasi. Tentu saja hal ini akan memberikan kesan yang baik dan mewah bagi para tamu undangan yang hadir. Anda bisa mengalokasikan sekitar 30 persen dari 50 juta tersebut atau sekitar 15 juta rupiah. Usahakan biaya dekorasi tak melebihi dengan apa yang Anda rencanakan. Jika memerlukan beberapa barang yang lain, Anda bisa cari alternatif lain selain membeli.

Baca juga:  5 Cara Menabung Yang Efektif

Pengeluaran yang cukup besar kedua adalah keperluan makanan. Makanan juga menjadi fokus utama bagi para tamu undangan. Alokasikan dana Anda setidaknya sekitar 15 juta rupiah untuk katering dengan melakukan kombinasi makanan yang di hidangkan sehingga tidak monoton.

Mencari Paket Gedung

Carilah informasi mengenai biaya menyewa gedung pernikahan. Bandingkan harga sewa tersebut dengan melakukan survei dari beberapa gedung pernikahan. Jika Anda ingin berhemat, ada baiknya Anda jangan memilih sewa ballroom hotel bintang 5 yang pastinya biayanya juga sangat mahal. Cari gedung yang khusus di sewakan untuk acara pernikahan saja. Pihak penyewa biasanya akan menyewakan paket persewaan gedung lengkap dengan kebutuhan dekorasi, sound system,riasan pengantin dan lain-lain.

Baca Juga : Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Makanan

Sudah kita sebutkan di atas bahwa makanan merupakan salah satu fokus utama bagi para tamu undangan yang hadir. Carilah referensi nama catering ternama di daerah Anda tinggal dengan kualitas dan rasa makanan yang tidak mengecewakan. Jika Anda ingin catering yang menyediakan makanan lezat dengan harga yang relatif murah, coba bandingkan harga dan rasa antara catering satu dengan yang lain. Hal ini akan membuahkan kesepakatan terbaik hingga bisa menekan pengeluaran Anda. Dan yang paling penting dalam hal ini ialah perencanaan tamu undangan yang akan hadir. Pastikan Anda selalu memprediksi tamu undangan dengan rumus yang telah disebutkan di atas.

Saling Membantu dan Gunakan Kreativitas Anda

Jika Anda hanya memiliki budget minim, tentu saja Anda harus kerja ekstra untuk mengerjakan sendiri. Apabila perlu bantuan, hubungi saja keluarga Anda atau rekan kerja yang siap membantu perencanaan di dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Misalnya saja, jika ingin mendokumentasikan acara pesta, tak ada salahnya menyuruh rekan-rekan yang hobi fotografi untuk mendokumentasikan prosesi awal sebelum akad nikah hingga pesta pernikahan.

Baca juga:  Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Dalam hal ini kreativitas Anda sangat di butuhkan. Jika Anda ingin berhemat pengeluaran lagi, Anda bisa mengakalinya dengan mengalihkan persewaan atau menggunakan barang pribadi warisan keluarga Anda. Untuk baju pengantin, Anda bisa menggunakan baju pengantin yang di wariskan orang tua ataupun saudara Anda. Selain itu, riasan pengantin juga tak kalah penting. Anda bisa menghemat pengeluaran dengan tidak menggunakan jasa make up artist. Salurkan kemampuan dan keahlian Anda, keluarga ataupun rekan melalui riasan yang mengagumkan. Semua ini di lakukan semata mata karena ingin meminimalis biaya pernikahan, bukan karena pelit atau yang lainnya, tapi memang untuk menghemat pengeluaran harus di akali dengan berbagai cara. Demikianlah informasi Tips Modal Nikah 50 Juta. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Pencarian:

    biaya nikah 2016, biaya pernikahan 2016, modal nikah 2016, rincian biaya pernikahan 2016, budget nikah 10 juta, biaya menikah 2016, nikah buget 50 juta, menikah buget 50 juta, budget 50 juta untuk menikah, total biaya nikah budget 50 juta

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×