Tips Pintar Kelola Belanja Bulanan

Advertisement

Tips Pintar Kelola Belanja Bulanan – Seringkali pengeluaran untuk belanja bisa saja menjadi lebih besar dari apa yang telah kita prediksi sebelumnya. Kita sering tak sadar bahwa ada banyak keperluan yang tidak terlalu penting untuk kita beli, namun tetap saja kita beli. Tanpa kita sadari hal ini akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda, padahal Anda bisa saja menekan pengeluaran belanja bulanan dengan cara menghemat.

Selain itu, pengeluaran tak terduga seperti biaya listrik, telepon, air, biaya sosial, hiburan juga patut Anda waspadai.Lantas bagaimana cara mengelola belanja bulanan yang benar? Berikut kami akan berikan beberapa tips pintar kelola belanja bulanan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari

kelola belanja bulanan

kelola belanja bulanan

Menyusun Daftar Prioritas

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menyusun daftar prioritas kebutuhan selama satu bulan. Buatlah secara rinci mengenai komponen kebutuhan apa saja yang harus Anda beli. Misalnya, buat prioritas untuk membeli beras seharga 100 ribu, minyak goreng 50 ribu, membayar listrik 100 ribu dan seterusnya. Pastikan selalu menempatkan beberapa komponen kebutuhan lain yang tak terduga dalam urutan terakhir daftar prioritas Anda.

Sesuaikan Daftar Prioritas dengan Anggaran

Setalah selesai menyusun daftar prioritas tersebut, selanjutnya Anda dapat menyesuaikan daftar itu dengan anggaran yang Anda miliki. Jika dana Anda tidak menyukupi, itu artinya Anda harus mengurangi beberapa komponen kebutuhan yang dirasa kurang perlu. Pastikan tidak ada kebutuhan di luar anggaran lagi. Anda diwajibkan untuk disiplin dan katakan tidak kepada diri sendiri jika ada kebutuhan lain yang harus Anda beli.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Manfaatkan Diskon

Terkadang kita sangat berhasrat untuk membeli sebuah barang tanpa berpikir terlebih dahulu, tidak peduli apakah ada uang atau tidak, Anda menyukainya langsung saja Anda beli tanpa berpikir panjang. Hal inilah yang akan mengganggu anggaran belanja yang telah Anda atur sebelumnya. Agar tidak tergoda dengan hal semacam itu, salah satu cara  mensiasatinya adalah dengan memanfaatkan waktu diskon untuk beberapa produk tertentu. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli produk-produk  yang memang telah Anda prioritaskan. Pastikan semua barang merupakan barang yang dibutuhkan, bukan diinginkan.

Baca juga:  Cara Mengelola Uang Gaji

Memilih Tempat Belanja

Ketika Anda memilih tempat belanja, sebaiknya Anda pilih yang berdasarkan harga. Patokan harga ini nantinya akan menjadi faktor utama dalam memilih tempat belanja. Tak perlu gengsi hanya karena ingin terlihat “wah”, lalu Anda belanja di tempat mewah. Ada selisih harga yang cukup besar setelah beberapa bulan, karena kebutuhan ini harus Anda beli secara rutin di setiap bulannya. Untuk itu, pilihlah tempat belanja yang menawarkan harga yang cukup terjangkau seperti pasar tradisional/modern, swalayan dan supermarket.

Membuat Catatan Belanja

Membuat catatan belanja selama satu bulan memang dirasa sangat penting. Buatlah daftar belanjaan apa saja yang Anda butuhkan misalnya, beras, minyak, telor, mie instan dan lain sebagainya. Ketika Anda belanja, bawalah catatan kecil yang berisi daftar barang yang akan Anda beli. Hal ini agar Anda bisa menghemat uang belanja yang akan Anda keluarkan.

Mengatasi Kebutuhan Busana dan Aksesori

Tak bisa dipungkiri lagi, kebutuhan fashion memang cukup penting bagi sebagian orang. Mulai dari pakaian, tas,sepatu, aksesoris, pembersih wajah, minyak rambut dan lain-lain. Dengan adanya semua itu, tentu Anda bisa berpenampilan menarik dan lebih fresh. Namun Anda juga harus  sadar bahwa hal tersebut bukan kebutuhan utama yang harus Anda beli.

Salah satu cara agar Anda tidak kebablasan untuk belanja barang-barang tersebut adalah dengan bersikap disiplin terhadap diri sendiri. Kemudian tanyakan pada Anda sendiri, apakah barang itu memang benar-benar Anda butuhkan? berapa kali Anda memakainya ?

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Sikap yang seperti ini harus Anda tanamkan pada diri sendiri demi menekan pengeluaran belanja Anda. Jika biasanya Anda membeli pakaian setiap bulan sekali, sebaiknya mulai sekarang biasakan diri Anda untuk membeli pakaian selama dua bulan sekali. Belilah barang dengan kualitas yang bagus agar pemakaiannya bisa lebih awet.

Baca juga:  Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini
Advertisement

Pencarian:

    cara menghemat uang belanja sehari hari

Share : FacebookTwitterGooglePinterest

Related Post

  • menghitung dana pendidikan anak

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak? Mulai sejak Dini

    Tips Merancang Dana Pendidikan Anak - Sudahkah Anda mempersiapkan dana pendidikan Anak untuk masa depan. Kita sebagai orang tua tentu bermaksud menyekolahkan anak ke jenjang yang paling tinggi.
  • membeli rumah kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah Secara Kredit

    Cara Mengatur Keuangan Untuk Membeli Rumah - Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, tentunya ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama kemampuan finansial Anda. Perencanaan keuangan
  • cara mengatur uang

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas

    Tips Mengatur Keuangan Dengan Cerdas - Kebutuhan hidup serta pola hidup konsumtif yang semakin meningkat memaksa kita harus benar-benar memanajemen keuangan agar pengalokasian dana tepat sasaran
  • tips kelola uang

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil

    Cara Mengelola Keuangan Dengan Gaji Kecil - Anda memiliki penghasilan besar ataupun kecil pun tak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika Anda tak hentikan kata puas. Perilaku konsumtif serta
  • tips hemat listrik

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

    Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak - Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, ketergantungan masyarakat terhadap listrik memang cukup tinggi. Sebenarnya, tak hanya listrik saja, bahkan

One thought on “Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Advertise
  • Bisnis Today

  • (X) 2 kali tuk menutup
    Baca ini: Prosedur Klaim BPJS Kesehatan
    Dukung kami dengan like fanspage ×